Notification

×

Adsense atas

Adsen

Stand UP2K Kota Pariaman ; Ramai Pengunjung Jambore Kader PKK Berprestasi ke XIX Sumbar di Agam

Senin, 18 Juli 2022 | 20:42 WIB Last Updated 2022-07-20T13:51:05Z

Stand UP2K PKK Kota Pariaman ramai dikunjungi dalam kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi ke XIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Lubuak Basuang, Agam, Senin 18 Juli 2022. (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman - Pada hari pertama Jambore Kader PKK Berprestasi ke XIX dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022, Stand Pameran UP2K PKK Kota Pariaman diminati oleh para pengunjung dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang datang ke lokasi Jambore di GOR Rang Agam, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin, (18/07/22). 


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), dengan 10 program pokok PKK, yang salah satu programnya adalah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Dalam Jambore ini, dipamerkan untuk stand UP2K seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumbar. 


Stand UP2K Kota Pariaman menjajakan berbagai produk hasil produksi para kader PKK. Dalam kesempatan ini, Kota Pariaman menunjuk UP2K Desa Kampung Apar melalui Kampung Apar Innovation Center (KAIC), dan UP2K Sikatim Kameh. Kedua Desa ini, telah banyak menciptakan kegiatan ekonomi kreatif yang berkelanjutan melalui kegiatan wirausaha desa serta memanfaatkan para Kader PKK dan masyarakat yang ada di desa tersebut.


"Diharapkan dengan adanya upaya UP2K yang ada di desa secara bersama-sama menggiatkan kegiatan usaha yang menghasikan bagi para kader untuk menambah pendapatan keluarga" ujar Ketua Pokja II TP PKK Kota Pariaman Arrahmi. 


Bundo Kanduang Kota Pariaman ini mengatakan, UP2K merupakan kegiatan ekonomi kreatif untuk membantu perekonomian desa. Hal itu, supaya kegiatan ekonomi kreatif di Desa terorganisir dengan baik.


"Atas inisiatif Desa, untuk Desa Kampung Apar dibentuklah Kampung Apar Innovation Center (KAIC), dimana KAIC bertujuan untuk menciptakan kegiatan ekonomi kreatif yang berkelanjutan melalui kegiatan wirausaha di desa dengan berinisiatif untuk membuat suatu produk minuman dan makanan yang berasal dari bahan-bahan dan rempah-rempah rumah tangga yang tersedia di Desa mereka, salah produknya yaitu Jahelo," tukasnya. 


Sedangkan untuk UP2K Desa Sikapak Timur Arrahmi mengatakan, produk yang ditampilkan adalah "Kujare Manjah". Kujare Manjah merupakan produk terbuat dari Kunyit, Jahe, dan Rempah. 


Sehingga inovasi dari UP2K Sikatim Kameh dan kader-kader PKK Desa Sikapak Timur, yang langsung dipimpin Rahmi Wasdi, Ketua UP2K Sikatim Kameh Desa Sikapak Timur, untuk menjaga stand UP2K Kota Pariaman ini. 


"Kami mengharapkan, program UP2K tersebut, memiliki peran pokok guna meningkatkan keterampilan serta keahlian Kader PKK serta berdampak kepada peningkatan ekonomi keluarga. Karena itu, di stand UP2K kali ini, ditampilkan produk unggulan hasil dari masing-masing UP2K desa dari Kota Pariaman, selain Kampung Apar dan Sikapak Timur" tutupnya. (mcp/asa)









ADSEN KIRI KANAN