Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sony Akuisisi Bungie USD3,6 Miliar untuk Kuasai Pasar Game Realtime

Sabtu, 16 Juli 2022 | 19:03 WIB Last Updated 2022-07-16T12:04:49Z

 

Playstation dan Bungie kini satu keluarga. Ilustrasi : Engadget

JAKARTA - Pengembang Destiny sekarang resmi menjadi bagian dari Sony Interactive Entertainment. Perusahaan hiburan dari Jepang ini secara resmi menutup kesepakatan senilai $3,6 miliar, Jumat (15/7/2022) untuk membeli studio game independen dan penerbit Bungie.

Kesepakatan itu dirilis melalui tweet dari Bungie dan PlayStation Studios. Berdasarkan ketentuan akuisisi, Bungie akan tetap mempertahankan kontrol kreatif atas operasinya dan mengembangkan gamenya secara mandiri.

Kesepakatan tersebut sudah dijajaki oleh para pemimpin dari kedua perusahaan  sejak Januari 2022 lalu, Bungie akan dianggap sebagai anak perusahaan independen dari Sony dan tidak diharuskan untuk membuat game eksklusif untuk konsol PlayStation.

"Kami bangga secara resmi bergabung dengan tim yang luar biasa di PlayStation, kami bersemangat untuk masa depan perusahaan kami, dan kami terinspirasi untuk menyatukan para pemain dari seluruh dunia untuk membentuk persahabatan dan kenangan yang langgeng," tulis Bungie Official Twitter yang dikutip Engadget, (16/7/2022).

Seperti yang juga dilansir TechCrunch, Sony berharap keahlian Bungie dalam bidang game seperti Destiny akan membantunya memperluas penawaran game secara langsung (lansung atau streaming).

"Sony berencana untuk menghabiskan 55 persen dari anggaran PlayStation untuk membangun permainan langsung pada tahun 2025," ungkap CEO Sony Jim Ryan pada presentasinya kepada investor bulan Mei.

PlayStation berencana merilis 10 game realtime sebelum Maret 2026, dan Sony yakin bantuan Bungie akan sangat penting dalam upaya ini.

Sony minggu ini juga menutup kesepakatan untuk mengakuisisi Haven Studios yang berbasis di Montreal, yang sedang mengerjakan game multipemain untuk PlayStation.

Menurut A Khalid, dari Engadget, Sony masih jauh dari kata selesai. Perusahaan ini terus  berencana untuk mengakuisisi lebih banyak studio selama beberapa tahun ke depan dalam upaya mengembangkan layanan langsung dan penawaran PC.


ADSEN KIRI KANAN