Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sekolah Ramah Anak Terima Penghargaan dari Pemkab Kotim

Sabtu, 23 Juli 2022 | 23:00 WIB Last Updated 2022-07-30T03:09:49Z

Kepala SDN 4 Ketapang menerima penghargaan sebagai sekolah ramah anak. (ist)


Sampit, fajarharapan.id - Sekolah ramah anak menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), karena dinilai sekolah tesebut telah menerapkan lingkungan yang ramah anak.


Salah satu dari sejumlah sekolah yang menerima penghargaan tersebut yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Ketapang.


Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, penghargaan tersebut diberikan lantaran sekolah tersebut telah memberikan layanan terbaik di lingkungan sehingga anak merasa nyaman di sekolah. 


“Pemkab Kotim memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah yang dinilai telah menerapkan Sekolah Ramah Anak. Salah satu indikatornya adalah menuju kota layak anak,” katanya kepada wartawan, Sabtu (23/7/2022). 


Pemkab Kotim memberikan apresiasi dengan menyerahkan trofi dan piagam kepada satuan pendidikan yang sudah berusaha untuk memenuhi persyaratan Sekolah Ramah Anak. 


Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu indikator penilaian untuk mencapai Kabupaten/Kota Layak Anak sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di bidang pendidikan. Dirinya juga mengimbau sekolah yang belum mendapat predikat Sekolah Ramah Anak untuk berusaha lebih keras untuk mendapatkannya. 


“Hal tersebut penting karena salah satu tujuan disusunnya kebijakan Sekolah Ramah Anak adalah untuk dapat memenuhi, menjamin dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab kepada kehidupan yang toleran, saling menghormati, dan bekerjasama untuk kemajuan dan semangat perdamaian,” ujar Halikinnor.  


Salah satu dari sejumlah sekolah yang menerima penghargaan tersebut yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Ketapang. Kepala SDN 4 Ketapang, Ramadhansyah mengatakan, penghargaan ini merupakan kedua kalinya yang diterima dari Pemkab Kotim. “Pada tahun ini sekolah kami SD 4 ketapang mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Ramah Anak lagi,” ungkapnya.  


Lanjutnya, pihaknya akan terus mempertahankan predikat tersebut. Dimana sekolah hadir sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi siswa. Sehingga siswa merasa terlindungi dan jauh dari hal yang bersifat perundungan atau bullying, diskriminatif, dan lainnya. 


Sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. 


Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.


Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.


Sekolah Ramah Anak adalah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus. (ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN