Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sekolah Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Siap Lahirlah Generasi Unggul

Senin, 18 Juli 2022 | 17:02 WIB Last Updated 2022-07-18T10:05:44Z

Melepas balon tanda dimulainya MPLS


Padang, Fajarharapan.id- Sekolah Angkasa dibawah naungan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Cabang Lanud Sutan Sjahrir, Padang, Sumatera Barat siap melahirkan generasi unggul untuk kejayaan nusantara. Salah satu langkahnya dengan  menerapkan program Tri Abdi Angkasa Nusantara dan Kurikulum Merdeka Belajar mulai tahun ini.


Program Tri Abdi Angkasa Nusantara kata Komandan Lanud (Danlanud) Sutan Sjahrir, Kol. Pnb. M.R.Y Fahlefie, S.Sos.Psc., saat menjadi inspektur upacara pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan  Sekolah (MPLS) Sekolah Angkasa di halaman SMP Angkasa, Senin (18/7/2022) adalah program yang meliputi Abdi Beragama, Abdi Berbangsa dan Bernegara serta Abdi Berilmu. 


"Kita menyadari dengan peningkatan mutu pendidikan, Sekolah Angkasa akan sangat berperan dalam mencapai pengembangan sumber daya manusia yang berkompeten," kata Danlanud yang juga pembina di Yasarini.
Untuk itu, dia mengingatkan agar semua jajaran dibawah Yasarini dan para siswa siap melaksanakan pembelajaran 2022/2023. "Memasuki tahun ajaran baru ini, kita perlu semangat dan motivasi baru. Lupakan masa liburan yang sudah dilewati kemarin dan mulai fokus belajar dan mengajar," pesannya.


Danlanud mengatakan, MPLS sebagai upaya mengenalkan lingkungan sekolah khususnya kepada peserta didik baru. Tujuannya, untuk membangun rasa cinta dan memiliki melalui kegiatan Sekolah Angkasa Cinta Lingkungan yang diwujudkan  dengan Gerakan Peduli Lingkungan. Supaya, setiap anak didik dapat memahami pentingnya menciptakan lingkungan sekolah dan sekitar yang bersih, rapi, dan indah. "Dengan  lingkungan yang bersih, proses belajar dan mengajar pun dapat berlangsung dengan nyaman," sebutnya. 


Sementara itu, Ketua Cabang Yasarini Lanud Sutan Sjahrir, Ny. Fifi M.R.Y Fahlefie menuturkan, dalam.pelaksanaan Sekolah Angkasa telah menerapkan 10 program unggulan dalam bidang pendidikan, agama hingga kedirgantaraan. Program itu juga akan makin diperkuat dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar yang telah dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 
Di Padang sendiri, kurikulum merdeka belajar kata Fifi dilaksanakan sesuai tingkatan dan berlangsung secara bertahap. Makanya, Sekolah Angkasa juga akan menerapkan demikian pula dengan dukungan dari para guru yang telah mengikuti pelatihan terkait kurikulum tersebut. "Guru kita sudah lebih dahulu mengikuti pelatihan dibandingkan guru lainnya di Kota Padang. Pelatihan dilaksanakan Yasarini Pusat," tuturnya.


Ke depan, Sekolah Angkasa yang terdiri dari satu TK, dua SD, dan satu SMP ini juga akan melaksanakan full day school yang pernah diterapkan sebelum pandemi di SD dan SMP. Namun, pelaksanaannya tetap akan memperhatikan kondisi pandemi. "Pelaksanaan full day school juga dilakukan secara bertahap yang disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19," sebutnya. 



SMP Angkasa sendiri diakuinya cukup mendapatkan tempat di hati masyarakat di tengah persaingan yang makin tinggi di level sekolah menengah pertama. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah murid baru yang masuk tahun ini. "Alhamdulillah kita lebih baik dari sekolah swasta lainnya yang saya perhatikan muridnya lebih sedikit dari kita," sebut isteri Danlanud itu.


Upacara MPLS berlangsung khidmat. Para peserta tampak serius mengikuti rangkaian kegiatan yang juga ditandai dengan melepas balon ke udara. (yuni)





ADSEN KIRI KANAN