Notification

×

Adsense atas

Adsen

RSUD dr.Murjani Sampit Menuju Pelayanan Bintang Lima

Selasa, 19 Juli 2022 | 12:26 WIB Last Updated 2022-07-20T05:28:55Z

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Murjani Sampit


Sampit, fajarharapan.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Murjani Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) berjuang menjadi bintang lima atau paripurna.


Sebelumnya rumah sakit kebanggaan warga Kotim tersebut terakreditasi bintang empat (utama). Kini mempersiapkan menjadi paripurna atau bintang lima. "Insya Allah kami bersiap menuju bintang lima, kini lagi mempersiapkan akreditasi itu," ujar Ketua Akredetasi RSUD dr. Murjani Sampit, dr. Anggun Iman Hermawan, kepada wartawan, Selasa (19/7). 


Menurutnya, keseriusan RSUD dr. Murjani Sampit meraih akridetasi tersebut ditandai dengan mengundang Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LA RS-DHP) untuk memberikan bimbingan.


LA RS-DHP tersebut akan datang pada Agustus atau September ke RSUD Murjani Sampit. Kedatangan lembaga akreditasi itu untuk melihat persiapan dalam menghadapi penilaian akhir re-akredetasi.


Disebutkan, adanya bimbingan yang diberikan LARS-DHP, pihaknya bisa mempersiapkan apa yang menjadi kekurangan dalam menghadapi penilaian akhir re-akredetasi. 


Sejak awal Juli RSUD dr. Murjani telah melakukan running untuk menghadapi elemen penilaian akreditasi. Diharapkan dengan memiliki persiapam sesuai dengan ketentuan penilaian dari lembaga akredtasi.


Maka RSUD Murjani Sampit dapat meraih akreditasi bintang lima. “Setiap dua minggu sekali tim anggota akreditasi selalu melakukan rapat. Ini dilakukan untuk mengevaluasi dan melihat progres serta kendala yang dihadapi,” tambahnya. 


Untuk mencapai bintang lima, managemen RSUD dr. Murjani Sampit telah membentuk tim kerja akreditasi 2022 yang bertugas mempersiapkan kebutuhan pelatihan akreditasi.


Menurutnya, pemenuhan dan bertambahnya sumber daya manusia (SDM) serta tuntutan dari keluarga pasien menjadi tantangan bagi RSUD dr. Murjani dalam meningkatkan kualitas layanan. Bukan hanya pelayanan yang baik, akan tetapi lebih dari itu sesuai dengan pasien dan keluarga pasien yang mendambakan diberikan pelayanan yang prima.


"Secara berkesinambungan saat ini RSUD dr. Murjani selalu berupaya mengevaluasi dan memperbaiki layanan. Bagaimana berusaha memberikan pelayanan yang maksimal baik kepada pasien maupun keluarga pasien," beber Anggun.


Pembenahan dan peningkatan sarana penunjang rumah sakit, serta penguatan sumber daya manusia (SDM) adalah bagian persiapan menuju rumah sakit dengan pelayanan bintang lima. Berkaitan dengan persiapan menuju pelayanan bintang lima itu, semua komponen di RSUD telah dilakukan.


Disebutkan mengatakan untuk memperoleh akreditasi bintang lima itu, ada target dan persyaratan standar mutu pelayanan rumah sakit yang berlaku. "Mutu pelayanan yang baik dan maksimal itu bukan sekedar memenuhi standar pelayanan prima semata," tutupnya. (ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN