Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pengurus PWI Tanah Datar Resmi Dilantik, Yuldaveri; "Kami Siap Jalankan Amanah"

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:11 WIB Last Updated 2022-07-14T14:11:59Z

Yuldaveri( kiri) Ketua PWI Tanah Datar yang baru dilantik siap menjalankan amanah untuk kemajuan PWI daerah setempat.


Tanah Datar - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) periode 2022-2025, resmi dilantik dan dikukuhkan di Pendopo Indo Jolito, Batusangkar, Kamis (14/7/2022).

 

Pengurus PWI Tanah Datar yang dikukuhkan itu Ketua Yuldaveri, Sekretaris Musriadi Musanif dan Bendahara Destia Sastra, bersama pengurus dan Ketua IKWI Ny. Yulda Veri bersama pengurus.


Pengukuhan dilakukan oleh Ketua PWI Sumbar H. Heranof Firdaus, S.Sos. Acara ini dihadiri Ketua TP-PKK Ny. Lise Eka Putra, Kejari Tanah Datar Sidayat, SH.MH., Dandim Letkol (Inf) Sutrisno, Ketua Ormas dan Tokoh Masyarakat, Pengurus PWI Sumbar dan Dewan Kehormatan PWI Sumbar.

 

Pada pengukuhan itu Heranof mengatakan, wartawan anggota PWI selalu mengedepankan PD PRT, Kode Etik Jurnalistik dan Kode Etik Perilaku dalam kegiatan kewartawanannya. Anggota PWI tidak bisa abal-abal dan mengharamkan hoax atau berita yang berisi fitnah.


PWI era pasca reformasi, kata Heranof Firdaus, fokus pada peningkatan kualitas wartawan yaitu dengan mengadakan KLW (Karya Latihan Wartawan) dan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) bekerjasama dengan Dewan Pers.


Karena itu, diharapkan Pemkab Tanah Datar ikut bersama-sama PWI meningkatkan kualitas wartawan, yaitu mendukung pembiayaan UKW. “Semakin banyak wartawan yang kompeten di Tanah Datar tentu manfaatnya makin banyak berita-berita berkualitas lahir dari wartawan dari daerah ini. Pemda dan masyarakat akan beruntung dapat informasi yang baik,” kata Heranof Firdaus.


Anton Saputra (wartawan fajarsumbar.com grup fajarharapan.id) bersama Yuldaveri, Subandi (wartawan Singgalang) dari Sawahlunto dan lainnya ikut menghadiri pelantikan pengurus PWI Tanah Datar.


Sebelumnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM., berharap wartawan anggota PWI Tanah Datar menjadi pelopor untuk memberantas hoax dan memerangi fitnah, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang berguna dan bermanfaat tentang pembangunan.

 

Menurut Bupati, pers yang hebat adalah yang bisa memberikan informasi yang benar, konstruktif dan secara berimbang. Kalau itu berupa informasi program pemerintah, maka informasinya tentu harus mencerdaskan dan bermanfaat.


Pengukuhan PWI Tanah Datar berlangsung meriah dan dihadiri ratusan undangan. Dari PWI Sumbar hadir pengurus dan juga wartawan senior antara lain Dr.Ir.Basril Basyar,MM., Zulnadi, SH., Jayusdi Effendi, Gusfen Khairul, Widya Navies, Eko Yance Edrie, Ismet Fanani, Sawir Pribadi, Rusdi Bais dan Pemred Koran Padang Edi Jarot.


Siap Jalankan Amanah

Sementara itu, Ketua PWI Tanah Datar yang baru dilantik Yuldaveri menyebutkan, siap menjalankan amanah yang diembankan kepadanya bersama pengurus lainnya. "Terima kasih seluruhnya tanpa bisa kami sebutkan satu persatu atas kepercayaannya telah mengamanahi kami jadi pengurus PWI Tanah Datar ini. Kami mohon dukungannyanya, sebab tanpa dukungan semua pihak, apa yang kami programkan tidak akan terlaksana maksimal," ujar Yuldaveri yang juga wartawan media online fajarharapan.id tersebut.


Menurutnya, pelantikan saat ini menjadi momentum dan motivasi untuk selalu meningkatkan kinerja sehingga menjadikan wartawan yang profesional dengan dipedomani kaidah jurnalistik.


"Alhamdulillah akhirnya kami resmi dilantik hari ini, kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang terkait, semoga menjaga amanah untuk menjalankan tugas secara profesional khususnya membawa kemajuan di Tanah Datar ke depan," katanya.


Ia menambahkan, pihaknya akan selalu siap membantu dan mendukung pemerintah khususnya Kabupaten Tanah Datar dalam percepatan pembangunan dengan pemberitaan yang berimbang.


Karangan bunga ucapan pelantikan pengurus PWI Tanah Datar dari media grup fajarharapan.id dan fajarsumbar.com.


"Pers itu memang salah satu yang berperan penting sebagai kontrol sosial dengan pemberitaan yang berimbang dan informatif. Kami sebagai pengurus baru siap membantu menciptakan stabilitas dalam bidang ekonomi maupun politik dengan menjalin sinergi bersama pemerintah daerah," tambahnya.


Adapun susunan pengurus IKWI Kabupaten Tanah Datar masa bakti 2022 - 2025 ;


Dewan Penasehat: St. Syahril Amga, SH., MH, H. Bakhtiar Danau, Zulkarnaini.


Ketua, Yuldaveri, S.Sos, Sekretaris, Musriadi Musanif,S.Th.I, Bendahara, Destia Sastra.


Bidang organisasi, Yusnaldi,SS (koordinator), Jheni Rahmad (anggota). Pendidikan dan latihan (Diklat), Feri Maulana, SH., (koordinator), Afrizal Nurdin (anggota). Bidang Ekonomi dan Kesra, Wirmas Darwis, SE (koordinator), Emrizal,S.Pd (anggota).


Bidang Hukum/Pembelaan Wartawan, Mustafa Akmal,SH, MH (koordinator), Joni Hermanto, SH (anggota), Seksi Wartawan Olahraga (Siwo), M. Syukkur, S.Pdi (koordinator), Chandra Antoni, SE (anggota).


Pariwisata, Merianto (koordinator), Joli Sumantri (anggota), Kebudayaan, Irwansyah (koordinator), Romi Martianus, SH., (anggota), sekretariat, Rezki Aryendi (koordinator), Syafrizal Putra, Freddy, Maylis dan Maizetrimal (anggota). (ab/veri/fredy)


ADSEN KIRI KANAN