Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pasca Banjir Bandang, Sampah Menumpuk di Kolong Jembatan

Senin, 18 Juli 2022 | 18:57 WIB Last Updated 2022-07-18T11:57:27Z

 

.

Pati, fajarharapan.id  - Setelah beberapa hari lalu Pati dilanda banjir bandang yang mengakibatkan banyak pemukiman warga terdampak. Selain pemukiman sungai di wilayah Kecamatan Pati juga terdampak penumpukan sampah, salah satunya dibawah jembatan Desa Sidokerto. Senin (18/7)


Untuk memperlancar arus sungai yang tersumbat, hari ini diadakan pembersihan yang dilaksanakan dari berbagai instasi baik dari Koramil, Polsek, PSDA Seluna, Relawan Kembangjoyo maupun warga sekitar.

Menurut Danramil 0718-01/Pati Kapten Inf Suyani kegiatan ini dilakukan bersama untuk memperingan pekerjaan karena kalau sampah tidak segera diangkat aliran sungai akan terhambat.

" Pembersihan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali banjir bandang karena cuaca yang tidak menentu, agar kejadian kemarin tidak terulang lagi," ungkap Danramil.


Mustofa salah satu anggota PSDA Seluna mengatakan sampah yang tersangkut di bawah jembatan Sungai Sani dibawah jembatan Desa Sidokerto kebanyakan sampah dari pohon dan ranting, potongan bambu yang terhanyut. Hal inilah yang mengakibatkan tersumbatnya aliran air sehingga air meluap dan menggenangi lingkungan pemukiman di sekitar Sungai Sani.

" Kali ini kita mengangkat kayu dan ranting yang menyumbat aliran sungai dibawah jembatan, dengan adanya bantuan mobil derek dari Polres dan dari komunitas IOF akhirnya kita bisa mengangkat batang pohon yang menyumbat dibawah jembatan," ungkapnya.


Salah sati perangkat Kaur Keuangan Desa Sidokerto Umi Quroatin mengatakan banjir yang datang dengan tiba-tiba dan di malam hari ini sangat mengagetkan warga, terutama yang berada di sekitar alur sungai Sani termasuk rumahnya. 

" Termasuk rumah saya, air setinggi pinggang masuk kerumah dan merendam sebagian peralatan rumah tangga, ada yang bisa diamankan dan ada juga yang tidak bisa diamankan. Dengan adanya kegiatan ini saya mewakili warga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembersihan alur sungai," ungkapnya.


Kegiatan pembersihan sampah di jembatan Desa Sidokerto dipimpin langsung  Danramil 01/Pati Kapten Inf Suyani. Hadir  juga  Kapolsek Pati Iptu Heru Orbayanto bersama anggota, Mustofa  Balai PSDA Seluna (Pengelola Sumber Daya Air) Jateng dan anggotanya, Relawan Kembangjoyo, IOF Pati, Babinsa, bhabinkamtibmas,  Sekdes Trisna Mahanani, Kasi Kesra  Miftah, Kaur Keuangan  Umi Qurotin dan warga setempat. Selain itu didukung juga oleh donatur Hj. dra. Suhartini, MBA dari RS Mitra Bangsa  dan Riyanto SH anggota DPR RI asal Pati yang memberikan dukungan logistik untuk mendukung pelaksanaan pembersihan ini. (m@s)




ADSEN KIRI KANAN