Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pagani Batal Produksi Supercar Bertenaga Listrik

Selasa, 26 Juli 2022 | 15:42 WIB Last Updated 2022-07-26T08:42:45Z

 

 

Pagani Huayra R, Prototipe Supercar Listrik Pagani. Foto: Pagani

 

ITALIA - Produsen supercar dari Italia, Pagani terpaksa menunda ambisinya untuk membuat supercar bertenaga listrik. Alasanya, setelah melakukan studi selama empat tahun Pagani menganggap mesin listrik (Powertrain) sangat berat untuk dipasangkan di supercar.

Pendiri Pagani, Horacio Pagani baru-baru ini mengatakan kepada Autocar, ia mengorganisir tim untuk membuat kendaraan listrik, tetapi setelah empat tahun, mereka belum jatuh cinta pada supercar bertenaga listrik.
 

Dari hasil studi itu, akhirnya perusahaan Pagani memutuskan untuk menunda pembuatan supercar listrik dan mulai mengerjakan mesin V12.

“Saya memiliki Tesla untuk memahami mobil listrik, dan tidak perlu memiliki kinerja tinggi di dalamnya,” kata Pagani dan melanjutkan, “Tantangan dalam membuat membuat mobil listrik adalah memberi emosi kepada pengendara agar tetap normal dan dingin. Pagani tidak akan melakukan sesuatu hanya dengan performa bagus, seperti yang bisa Anda lakukan [sekarang], tetapi lebih dari itu, mobil yang diproduksi harus memberikan emosi kepada pengemudi.”

Perhatian utama Pagani adalah pada bobot kendaraan listrik. Studi perusahaan menunjukkan bahwa supercar listrik menggunakan baterai 1.323 lbs (600 kg). Mempertimbangkan itu, beratnya lebih dari setengah berat Huayra R-nya, yang berbobot 2.359 lbs (1.070 kg).

"Karenanya Pagani jadi tidak berminat melanjutkan proses pembuatan mobil karena hitungan teknis yang saat ini belum pas," tulis Autocar.

Horacio Pagani mengatakan dia membayangkan baterai kendaraan listrik itu hanya berbobot 1.866 lbs (1.300 kg), tetapi itu tidak mungkin dengan teknologi saat ini.

Sebagai gantinya, perusahaan Pagani akan terus memproduksi supercar bertenaga V12 yang bersumber dari Mercedes-Benz, seperti yang diumumkan Pagani sebelumnya pada tahun 2019 bahwa mereka akan menggunakan mesin Mercedes V12 hingga tahun 2026.

Seperti dikutip dari interestingengineering, mesin V12 milik Mercedes ini akan memberi daya pada debut Pagani C10 baru pada bulan September. Dan 100 dari seri C10 pertama, sudah habis terjual.(*)




ADSEN KIRI KANAN