Notification

×

Adsense atas

Adsen

MAN Rantauprapat Gelar Berbagai Lomba Sambut Tahun Baru Islam

Minggu, 31 Juli 2022 | 11:51 WIB Last Updated 2022-07-31T04:51:35Z

.


Labuhan Batu, fajarharapan.id  - Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 30 Juli 2022, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rantauprapat gelar berbagai kegiatan perlombaan religi di lingkungan madrasah.


Kepala Sekolah MAN Rantauprapat, Akhmad Siroj, S.Pd, M.Pd., mengatakan, 1 Muharram merupakan bulan yang menjadi pembuka dalam sistem kalender Hijriyah. Rasulullah Muhammad SAW menyebut bulan ini sebagai Syahrullah (bulan Allah). Karena itu, bulan Muharram memiliki keutamaan tersendiri.


Penentuan 1 Muharram sebagai awal tahun baru bagi umat Islam, berdasarkan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Sedangkan penentuan 1 Muharram sebagai awal tahun hijriah dilakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab, tepatnya pada tahun ke-17 Hijriah.


Dikesempatan tersebut, Akhmad Siroj meminta, kepada seluruh pelajar agar dapat menjadikan momentum peringatan hari besar Islam Muharram 144 Hijriyah ini, sebagai langkah awal memulai hijrah ke arah yang lebih baik. Pribadi yang selalu meningkatkan kualitas diri dengan selalu memperbaiki hal-hal yang selama ini kurang baik tentunya menjadi lebih baik.


“Sehingga visi madrasah yang terdapat kata-kata religius dapat kita capai dan terapkan di Madrasah, dan outputnya nanti religius itu bisa berkiprah di dalam masyarakat,” tegasnya.


Gebyar Muharram 1444 hijriah tahun ini di MAN Rantauprapat, diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan antara lain, sholawat jibril, lomba azan dan lomba tahfiz 3 juz, dalam kompetisi tersebut MAN Rantauprapat melibatkan siswa, guru dan pegawai, untuk tim juri perlombaan MAN Rantauprapat menghadirkan tim juri dari luar lingkungan madrasah.


Acara Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah dilingkungan MAN Rantauprapat diwarnai dengan pemberian santunan kepada anak yatim tersebut, tampak dihadiri, WKM Humasy MAN Rantauprapat, Zul Khairudin, S.Ag, MA, WKM Kesiswaan Ahmad Badruddin, S.Ag, Ustadz Ahmad Azhar Siregar, M.PdI sebagai pemberi tausyiah dalam tabligh Akbar di perayaan tersebut.(*)


ADSEN KIRI KANAN