Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kode Desa Penentu 8 Nagari Persiapan Bisa Ikut Pilwana Serentak

Kamis, 21 Juli 2022 | 22:38 WIB Last Updated 2022-07-21T15:38:17Z

 

Kabid Pemerintahan Nagari Aig Wadenko

Solsel, fajarharapan.id --- Jika kode desa sudah diterbitkan, maka 8 Nagari persiapan di Kabupaten Solok  Selatan sudah bisa melaksanakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak yang direncanakan digelar September 2022.


Untuk rencana Pilwana serentak tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan telah melengkapi dokumen yang kurang, dan telah diserahkan ke ke Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) minggu lalu.


"Dokumen yang kurang dan telah kita serahkan ke Kemendagri yakni Peraturan Daereh (Perda) terkait dalam penetapan batas 8 nagari persiapan," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Nagari Dinas Sosial Pemberdayaan Desa (Dinsos PMD) Solok Selatan, Aig Wadenko, Kamis (21/7/2022).


"Dengan telah dilengkapi dokumen tersebut, sehingga tidak ada lagi kendala yang dapat menghambat 8 nagari persiapan turut serta dalam Pilwana serentak tahun 2022 ini," paparnya.


Dia menyebut, Pemkab melalui dinas terkait menunggu jadwal ekspos dari Pemprov Sumatera Barat. Sebab kendala lainnya tidak ada lagi dengan telah diserahkan dokumen batas nagari ke Dirjen Pemdes Kemendagri.


Peryaratan ke 8 nagari tersebut pun sudah terpenuhi seluruhnya, jadi sudah klear menurut keterangan Dirjen Kemendes.


"Mudahan saja kode desa keluar pada Agustus bulan depan, sebagai persiapan 8 nagari persiapan ikut Pilwana serentak," jelasnya.


Bahkan evaluasi desa persiapan dan penyusunan Peraturan Daerah (Perda) sebut Aig Wadenko, sudah dilalui Pemkab Solsel. 


Kini bagaimana peningkatan status desa persiapan menjadi desa atau nagari, mudahan saja segera terwujud.


Semua itu sudah dilalui sesuai Permendagri nomor 1 tahun 2017 Tentang Penataan Desa telah cukup lengkap, mulai prosedur dan tata cara pembentukan desa mulai dari prakarsa masyarakat melalui mekanisme musyawarah desa, dan pembentukan desa persiapan.


"Kita optimis 8 Nagari persiapa akan ikut kontestan Pilwana, sebab seluruh persiapan sudah lengkap dan tinggal penerbitan kode desa," paparnya. 


Ke 8 nagari persiapan itu terletak di 3 Kecamatan, Nagari persiapan Lubuk Gadang Barat, Lubuk Gadang Barat Daya, dan Lubuk Gadang Tenggara terletak di Kecamatan Sangir .


Nagari persiapan Pekonina Alam Pauh Duo, terletak di Kecamatan Pauh Duo. Nagari Persiapan Batang Lolo, Balun Pakan Rabaa Tangah, Pakan Rabaa Utara Duo, dan Pakan Rabaa Selatan terletak di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. (sudirman)



ADSEN KIRI KANAN