Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kebun Warga di Aceh Timur Porak-poranda Diserang 20 Gajah Liar

Jumat, 01 Juli 2022 | 19:47 WIB Last Updated 2022-07-01T12:47:00Z

 

Rumah di Aceh Timur rusak diserang gajah liar.

Rumah di Aceh Timur rusak diserang gajah liar


ACEH TIMUR - Rumah penduduk dan perkebunan warga di Aceh Timur porak-poranda diserang kawanan gajah liar. Gajah yang menyerang ada sekitar 20 ekor. 


"Kawanan gajah liar mengobrak-abrik rumah dan perkebunan warga di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak," kata salah seorang warga, Alamsyah, Jumat (1/7/2022).


Dia menambahkan, ada beberapa rumah dan pondok warga di kebun yang rusak akibat gangguan kawanan gajah ini, sebagaimana dikutip iNews.id.

  

"Kebun warga berisi tanaman sawit, pisang, karet, dan tanaman lain juga rusak," kata dia. Dia menjelaskan gangguan kawanan gajah tersebut terbagi dalam tiga kelompak.


"Masing-masing kelompok terdiri 15 hingga 20 individu," kata dia.


Lebih lanjut Alamsyah mengatakan, gajah itu sudah mulai terlihat sejak Rabu (29/6/2022).


Menurutnya, warga yang tinggal di perkebunan kini mulai mengungsi dan menjauh dari ladangnya karena khawatir diserang kawasan satwa tersebut. Apalagi kawasan gajah masih bertahan di desa tersebut. 


Saat ini warga bersama ranger Forum Konservasi Leuser (FKL) sedang menghalau kawanan gajah agar keluar dari permukiman penduduk dan perkebunan warga.


"Pengusiran dilakukan dengan suara mercon dan menghidupkan obor malam hari, sehingga kawanan gajah menjauh dari desa," katanya.(*)


 


ADSEN KIRI KANAN