Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jemaah Haji Indonesia Bahagia, Terima Kasih Banyak Raja Saudi

Senin, 04 Juli 2022 | 12:47 WIB Last Updated 2022-07-04T05:47:00Z

 

Amirul Hajj Indonesia Yaqut Cholil Qoumas saat tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Senin (4/7) dini hari.



JEDDAH  - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai jemaah haji Indonesia sangat bergembira dengan digelarnya haji tahun ini oleh Kerajaan Arab Saudi. Kegembiraan itu dirasakan langsung oleh Menag saat melihat jemaah yang satu pesawat dengannya ketika berangkat ke Tanah Suci, kemarin.  


Meski baru melihat reaksi awal saat jemaah dalam proses pemberangkatan, Menag menilai peningkatan layanan haji tahun ini akan membuat jemaah kian senang. 


"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayannya pun sangat baik," ujar ujar Menag Yaqut setiba di Terminal Haji Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Senin (4/7) dini hari, sebagaimana dikutip iNews.id.


Atas kebahagiaan yang dirasakan oleh jemaah Indonesia ini, Menag menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pemimpin Saudi. Dia menilai, para pemimpin Saudi banyak memberikan kemudahan dan pelayanan menyenangkan khususnya bagi jemaah Indonesia. 


"Terima kasih kepada raja, putra mahkota dan menteri haji, yang memberikan banyak kemudahan yang membuat pelayanan kita lebih baik kepada jemaah," terangnya. 


Tak hanya di Tanah Suci, Menag menilai komitmen Saudi memberikan peningkatan layanan juga diberikan di Indonesia. Kontribusi positif Saudi itu antara lain dibuktikan dengan layanan dan fasilitas Kedutaan Saudi di Indonesia yang kian mudah dan cepat.


Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut yang juga Amirul Hajj meminta petugas dan jemaah haji sama-sama menjaga kesehatan. Sebab suhu di Saudi sangat berbeda jika dibandingkan di Indonesia.  


"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji petugas dan jemaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," pintanya. 


Tak hanya itu, Amirul Hajj juga mengingatkan para petugas tidak lupa dengan kewajibannya yakni melayani jemaah dengan sebaik mungkin. Menurut dia, jika terlayani dengan baik, maka jemaah bisa beribadah dengan baik.  


"Kita semua juga bisa mendapat haji mabrur dan mabruroh," terangnya. 


Menag Yaqut tiba di Bandara Jeddah pada pukul 01.09 waktu Arab Saudi. Kedatangan Menag disambut langsung Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Azis Ahmad, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi, Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Ketua PPIH Arsad Hidayat dan Kepala Kantor Urusan Haji Nasrullah Jasam.(*)



ADSEN KIRI KANAN