Notification

×

Adsense atas

Adsen

Geliatkan Literasi Guru dan Siswa, Gubernur Sumbar Buka Padek-Paragon Go to School 2022

Kamis, 14 Juli 2022 | 18:17 WIB Last Updated 2022-07-14T11:17:23Z

.

Padang - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, membuka kegiatan literasi dan pengembangan diri dalam berwirausaha yang diinisiasi Harian Padang Ekspres bersama PT. Paragon Technology and Innovation, bertajuk "Padek-Paragon Go to School" di Aula SMAN 1 Padang, Kamis (14/7/2022).


Dalam sambutannya, Gubernur mengapresiasi kolaborasi dan sinergitas yang dibangun perusahaan media Padang Ekspress dengan PT. Paragon Technology and Innovation dalam meningkatkan literasi dan semangat kewirausahaan bagi kalangan siswa dan guru.


Melalui program ini Gubernur berharap akan hadir inovasi-inovasi sehingga akan ada percepatan dan proses perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan sekolah terutama dalam hal literasi.


"Terimakasih pada keluarga besar Padang Ekspress, dengan kecerdasan bisa melihat potensi dengan menggandeng Paragon, bersinergi untuk membantu dan meningkatkan literasi. Ini langkah cerdas, semoga bisa diikuti oleh media dan pengusaha lainnya guna menambah keterampilan menulis para siswa dan guru," ujar Gubernur yang sapa akrab Buya itu.


Secara khusus, Buya Mahyeldi juga memberi apresiasi atas kepedulian Ibu Nurhayati Subakat yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan peduli pada berbagai persoalan bangsa, seperti pada saat pandemi Covid-19 yang lalu.


"Menyatunya entrepreneur dan nasionalisme, inilah yang dibutuhkan negara saat ini. Bukti kepedulian Ibu Nurhayati pada bangsa ini dengan menghadirkan wirausaha-wirausaha muda yang tidak hanya berbisnis di negara ini, tapi juga peduli pada kondisi bangsa," tambah Gubernur.


Founder Paragon Corp Nurhayati Subakat, dalam video sambutannya mengatakan kegiatan kolaborasi Padek-Paragon Go to School ini sangat baik untuk meningkatkan kapabilitas guru dan siswa 15 SMA di Sumbar di era keterbukaan informasi dan digital saat ini, terutama dalam hal literasi dan pengembangan diri.


"Saya sangat mendukung berjalannya kegiatan literasi dan pengembangan diri ini. Saya berharap guru dan siswa mengikuti secara antusias kegiatan serta ada manfaat yang didapatkan ke depannya," ujarnya.


Direktur Padang Ekspress, Mhd Nazir Fahmi, menjelaskan, melalui program Padek-Paragon Go to School, tim Padang Ekspres dan Paragon akan datang ke 15 SMA kabupaten dan kota di Sumbar memberikan pelatihan jurnalistik dan pengembangan diri berwirausaha dengan peserta guru dan siswa.


"Sebagai pilot project, tahun ini kita adakan di 15 SMA di Sumbar, terbanyak sekolah favorit. Setelah itu kita evaluasi dan direncanakan tahun depan diadakan pada 56 SMA," ujar Mhd Nazir.


Dijelaskan Nazir, iven ini tindaklanjut dari program Laman Guru yang diterbitkan Padang Ekspres bertujuan meningkatkan literasi di sekolah. Program ini dimulai 14 Juli hingga 29 Agustus 2022.


Selama iven berlangsung, panitia memilih guru favorit pilihan pembaca dan guru favorit penulisan artikel. Enam guru terpilih akan diberikan penghargaan berupa tabanas, sertifikat dan mengikuti "Wardah Inspiring Teacher 2022". Apresiasi Paragon bagi guru-guru inspiratif di Indonesia.


"Kami dari Padang Ekspres dan Paragon sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar dan Cabdin yang sejak awal sangat mendukung suksesnya kegiatan ini. Begitu juga Kepala SMA 1 Padang yang menyediakan tempat luas untuk pembukaan kegiatan literasi terbesar di Sumbar tahun ini serta adik-adik OSIS SMA 1 Padang yang sangat antusias ikut jadi panitia," ungkap Nazir.


Padek-Paragon Go to School turut didukung oleh Dinas Pendidikan Sumbar, Universitas Negeri Padang (UNP), PT Semen Padang, Bank Nagari dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang.


Turut hadir dalam pembukaan, Direktur Padang TV Gusfeniza, Wakil Direktur Padang Ekspres Heri Sugiarto, Pemred Rommi Delfiano, Ketua Pelaksana Harian Eko Hermanto dan Koordinator Kegiatan Erick Swid.

(doa/MMC) Dinas Kominfotik Provinsi Sumbar


ADSEN KIRI KANAN