Notification

×

Adsense atas

Adsen

4 Negara AFF Disebut Abaikan Rencana Timnas Indonesia Gabung EAFF, PSSI Batal Tinggalkan AFF?

Kamis, 21 Juli 2022 | 11:55 WIB Last Updated 2022-07-21T05:46:47Z

 

Timnas Indonesia batal tinggalkan AFF?


MASYARAKAT Vietnam terpancing emosi dengan pemberitaan soal rencana Timnas Indonesia meninggalkan AFF dan gabung Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Mereka berpendapat apa yang dilakukan PSSI hanyalah mencari sensasi belaka.


Media-media Vietnam gencar memberitakan rencana PSSI beralih federasi dari AFF ke EAFF. Bahkan media Vietnam, Dantri, dengan lantang menyebut Timnas Australia berpotensi menggantikan posisi Timnas Indonesia di Piala AFF senior.


Pemberitaan masif yang dilakukan media Vietnam membuat masyarakat mereka terpancing. Salah satu pencinta sepakbola Vietnam menyebut anggota-anggota AFF tak ada yang merespons soal rencana PSSI pindah federasi, sebagaimana dikutip okezone.com.


Hal ini menunjukan mereka tak peduli dengan rencana PSSI tersebut. Pencinta sepakbola Vietnam bahkan meyakini PSSI takkan berani meninggalkan AFF.


“Indonesia menarik perhatian dengan mencoba pindah ke EAFF. Tetapi, Vietnam, Thailand, Singapura atau Malaysia tak ada yang angkat bicara,” tulis Phi Gioi Tinh di salah satu kolom komentar artikel yang dikeluarkan media Vietnam, Dantri.


“Seolah tak ada negara yang peduli dengan rencana kepindahan Timnas Indonesia. Pada akhirnya saya yakin PSSI takkan berani meninggalkan AFF,” lanjutnya.


PSSI mengonfirmasi sudah membuka komunikasi dengan EAFF. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bahkan mengatakan EAFF bahagia jika Indonesia gabung federasi mereka.


"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng saja kalo kita masuk," kata Mochamad Iriawan.


Namun, pria yang biasa disapa Iwan Bule ini tak mau salah langkah. PSSI disebutnya bakal menghitung untung rugi lebih dulu jika ingin meninggalkan AFF dan gabung EAFF.


“Kita akan diskusikan dengan matang. Karena kita tidak bisa memutuskan langsung, ditunggu untung ruginya," tegas Iwan Bule.(*)


ADSEN KIRI KANAN