Notification

×

Adsense atas

Adsen

1 Juta Jemaah Haji Bergerak ke Mina untuk Tarwiyah Hari Ini

Kamis, 07 Juli 2022 | 17:05 WIB Last Updated 2022-07-07T10:05:00Z

 

Sekitar 1 juta jemaah haji bergerak ke Mina pada Kamis untuk melakukan ibadah Tarwiyah sebelum Wukuf di Arafah pada Jumat.



MAKKAH - Sekitar 1 juta jemaah dari seluruh dunia memulai prosesi haji sejak Rabu (6/7/2022) dengan melakukan Tawaf Qudum (Kedatangan). Para jemaah bergerak ke Mina sejak Rabu malam hingga Kamis (7/7/2022) untuk melakukan Tarwiyah. Puncak haji yakni Wukuf di Arafah akan digelar Jumat (8/7/2022) atau bertepatan dengan 9 Dzulhijjah. 


Arab Saudi tahun ini membuka kuota untuk 1 juta jemaah, dengan perincian 850.000 dari luar dan 150.000 dari dalam negeri. Ini merupakan pelaksanaan haji pertama yang melibatkan jemaah dari luar Saudi sejak 2 tahun akibat pandemi Covid-19.


Para jemaah berbondong-bondong mendatangi Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Qudum para Rabu kemarin, sebelum menuju Mina pada malam hingga Kamis pagi, menandai dimulainya prosesi haji. Mereka akan menghabiskan siang dan malam di tenda-tenda yang disediakan di Mina, sebagaimana dikutip iNews.id. 


Tarwiyah adalah berdiam di Mina sebelum menuju Arafah. Tidak ada ritual besar di Mina di mana para jemaah menghabiskan waktu dengan berzikir hingga Kamis sore. 


Mina berjarak 7 km dari Masjidil Haram dan dalam kondisi normal biasa menampung sedikitnya 2,5 juta jemaah dari seluruh dunia. Sementara itu, Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, diwakili Badan Bimbingan dan Konseling, mengumumkan tiga area bagi para jemaah yang melakukan tawaf. Area-area tersebut adalah Gerbang Raja Fahd, Gerbang Ajyad, dan Gerbang Al Salam. 


Ada lebih dari 100 mutawwif atau pemandu haji yang bersiaga, termasuk memberikan pelayanan melayani jemaah seperti menemani atau memandu tawaf.(*)



ADSEN KIRI KANAN