Notification

×

Adsense atas

Adsen

Taiwan Klaim Punya Rudal yang Bisa Jangkau Beijing, Pejabat China: Ocehan Keras Kepala!

Minggu, 19 Juni 2022 | 21:30 WIB Last Updated 2022-06-19T14:30:00Z

 

Politikus Taiwan You Si Kun menyebut militernya punya rudal supersonik yang bisa menjangkau Beijing.



TAIPEI - Taiwan punya rudal yang bisa menjangkau ibu kota China, Beijing. Klaim itu disampaikan You Si Kun, anggota parlemen kelompok berkuasa Partai Progresif Demokratik dalam pidatonya baru-baru ini.  


Menurut You, Taiwan memiliki rudal supersonik yang dibuat di dalam negeri. Selain itu Taiwan juga mempelajari perang yang sedang berlangsung di Ukraina.


Dia menegaskan Taiwan tidak menghendaki perang dengan China. Namun sekalipun itu terjadi Taiwan punya kemampuan untuk merespons dengan kekuatan militer,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Taiwan tidak akan berinisiatif menyerang Beijing, tapi sebelum Beijing menyerang, pertama-tama (mereka) harus mempertimbangkan bahwa Taiwan memiliki kemampuan untuk menyerang," katanya, merujuk pada rudal jelajah Yun Feng, dikutip dari RT, Minggu (19/6/2022). 


Taiwan pada 2018 lalu membuat inisiatif untuk meningkatkan kemampuan rudal Yun Feng dengan mengucurkan dana lebih dari 400 juta dolar AS. 


Lebih lanjut You menjelaskan perbedaan kondisi perang Rusia-Ukraina dengan konflik China-Taiwan. Menurut dia, Rusia tak perlu menyeberangi lautan untuk menyerang Ukraina karena kedua negara berada di daratan yang sama. Kondisi berbeda harus dilakukan China jika menyerang Taiwan.


“(Partai Komunitas China) Harus menyeberangi Selat Taiwan untuk menyerang Taiwan, berbeda dengan serangan Rusia ke Ukraina. Jika Anda ingin mendarat, Anda akan bertempur di tepi pantai. Jika berhasil mendarat, seluruh rakyat Taiwan harus siap mati seperti Ukraina. Berangkatlah dan jangan biarkan China menelan Taiwan," katanya.


Selain itu You yakin Taiwan tak akan sendirian menghadapi China, sebagaimana dirasakan Ukraina yang mendapat bantuan persenjataan dari negara Barat. Apalagi Taiwan merupakan sekutu dekat Amerika Serikat (AS). Negeri Paman Sam merupakan pemasok utama persenjataan bagi Taiwan. 


Pemerintahan Presiden AS Joe Biden juga menyetujui beberapa putaran penjualan senjata ke Taiwan, seperti juga didapat Ukraina.


Sementara itu menanggapi pidato You, perwakilan kantor Urusan Taiwan di China memperingatkan setiap serangan ke Beijing akan dibalas secara mengerikan. Dalam konteks ini, dia mengibaratkan China sebagai batu dan Taiwan seperti telur yang ringkih. 


“Ocehan kemerdekaan pro-Taiwan yang keras kepala seperti You Si Kun hanya memperlihatkan sifat hiruk pikuk mereka. Jika (mereka) berani memukul batu pakai telur, itu hanya akan membuat mereka mati lebih cepat,” kata juru bicara kantor urusan Taiwan, Ma Xiaoguang.(*)



ADSEN KIRI KANAN