Notification

×

Adsense atas

Adsen

Taiwan Diguncang Gempa 6,0 M

Selasa, 21 Juni 2022 | 07:17 WIB Last Updated 2022-06-21T00:17:47Z

.


Taiwan - Gempa berkekuatan 6,0 magnitudo guncang pantai timur Taiwan pada Senin (20/6/2022). Pusat gempa berada di wilayah Hualien, pulau jarang penduduk. 


Getaran gempa itu bahkan sempat mengguncang gedung-gedung di Taipei selama beberapa menit. Namun, hingga saat ini Tidak ada laporan kerusakan yang diumumkan oleh pemerintah setempat. 


Gempa yang hampir dirasakan di seluruh Taiwan ini memiliki kedalaman 6,8 km di bawah permukaan laut Hualien. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh pihak keamanan bencana setempat, kedalaman pusat gempa tersebut dinilai jadi pusat gempa paling dangkal dalam beberapa waktu belakangan. 


"Yang paling dangkal adalah hari ini dan kami pikir itu mungkin terkait dengan aktivitas patahan," katanya dalam konferensi pers. Dilansir dari South China Morning Post pada Senin (20/6/2022), sebuah taman nasional di Hualien juga sempat memposting unggahan di Facebook yang menampilkan pemandangan tepi danau yang mulanya tenang, seketika bergoyang keras saat tanah mulai bergerak. 


“Ini adalah gempa yang sangat besar! … Semoga semuanya tetap aman,” tulisnya dalam keterangan tersebut. Baca Juga : Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Jepang, Belum Ada Korban Jiwa Gempa ini juga berdampak pada jadwal keberangkatan kereta bawah tanah Metro Taipei. 


Dikutip bisnis.com, berdasarkan keterangan yang dilaporkan, Metro Taipei sempat menyetop layanan operasinya ketika gempa berlangsung dan memperlambat laju perjalanannya pasca gempa melanda. Badan meteorologi setempat juga mengumumkan bahwa gempa susulan sempat melanda Taiwan setengah jam pasca gempa pertama. 


Namun, intensitas guncangan yang cenderung lebih kecil. Kendati demikian, gempa berkekuatan 6.0 magnitudo tersebut dinilai tidak berpotensi menyebabkan tsunami.


Otoritas setempat akan mengeluarkan peringatan tsunami jika kekuatan guncangan gempa lebih dari 7,0 Magnitudo. Untuk diketahui, Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik yang rentan terhadap gempa bumi. 


Dengan demikian, ini bukanlah kali pertama Taiwan diguncang gempa. Gempa bumi berkekuatan 6.4 magnitudo sebelumnya sempat mengguncang Taiwan pada 2016 lalu. Setidaknya lebih dari 100 orang tewas dalam peristiwa gempa bumi tersebut.(*)


ADSEN KIRI KANAN