Notification

×

Adsense atas

Adsen

Sitinjau Lauik Longsor, Ratusan Kendaraan Terjebak

Jumat, 24 Juni 2022 | 09:38 WIB Last Updated 2022-06-24T02:38:55Z

.


Solok - Tanah longsor yang terjadi di kawasan Sitinjau Lauik Kota Padang, Sumbar Kami siang (23/6/2022). Akibatnya, ruas Padang-Solok ini terjadi kemacetan dan antrian panjang kendaraan.


Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Basril membenarkan kejadian. Akun medsos resmi BPBD Kota Padang, juga melaporkan, lokasi longsor terjadi di perbatasan Padang dengan Solok di dan akibat kejadian ini, terjadi kemacetan sepanjang 4 km.

 

Upaya masyarakat untuk membersihkan material longsor butuh kerja keras dan waktu karena bekerja di bawah kondisi hujan berintensitas sedang. Untung, tak lama usai kejadian, di lokasi longsor sudah datang bantuan alat berat dari Kementrain PUPR.


"Jam dua siang lewat sudah bisa dilewati, tapi buka tutup, mengaturnya juga ribet karena antrian dari kedua arah sudah panjang, butuh kesabaran pengendara," ujar seorang warga lain sebagaimana dikutip beritaminang.com.


Terbannya tebing di sebelah kiri jalan dari arah Padang itu memang sudah seting terjadi di ruas Sintinjau Lauik tersebut. Ini juga disebabkan kemungkinan besar kondisi tebing yang rapuh, sehingga bila terjadi longsor menyebabkan banyak material yang jatuh.

 

Mengutip katasumbar.com, longsor yang timbun jalan lintas Padang-Solok atau di dekat Tugu Bengkuang, Kawasan Sitinjau Lauik dan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.


Basril menyebutkan, saat ini jalan yang sempat macet telah bisa dilalui. Berdasarkan video warganet yang beredar, material longsor menimbun badan jalan. Jalan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor. (*/ab)


ADSEN KIRI KANAN