Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pilpres 2024, Gerindra-PKB Buka Bintu Kerja Sama dengan Partai Lain

Minggu, 19 Juni 2022 | 06:33 WIB Last Updated 2022-06-18T23:34:54Z

(dok.cnnindonesia.com)


Jakarta - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya dan PKB membuka pintu kerja sama dengan partai lain dalam menghadapi Pilpres 2024.


"Tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan partai-partai lain," kata Dasco kepada wartawan di kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6).


Prabowo bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Kertanegara. Pertemuan itu berlangsung sekitar dua jam.


Prabowo menyatakan telah berkomunikasi intensif dengan Cak Imin sebelum pertemuan malam ini. Ia menyebut kedua partai sadar Indonesia akan menghadapi kontestasi nasional pada 2024.


Sebagai ketua umum partai dengan konstituen besar, ia merasa memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan gelaran itu.


"Kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang begitu besar tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut dan kami berminat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya," ujarnya sebagaimana dikutip cnnindonesia.com.


Pada kesempatan yang sama, Cak Imin mengamini apa yang disampaikan Prabowo. Ia berharap, kerja sama keduanya bisa dilanjutkan dengan partai-partai lain demi menghadapi pemilu 2024.


"Malam hari Ini semakin menguat kerja sama itu sampai pada kesimpulan apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg dan Pilkada di 2024," kata Cak Imin.


Cak Imin pun melontarkan istilah 'demi kebangkitan Indonesia raya' saat bersalaman dengan Prabowo. Pernyataan Cak Imin langsung mendapat respons positif dari Prabowo dan elite kedua partai.


Sebagai informasi, sejumlah partai mulai menjalin komunikasi jelang Pemilu 2024.


Tiga partai telah membentuk koalisi, yakni Gollkar, PAN, dan PPP. Mereka mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).


Selain itu Demokrat juga tengah menjajaki koalisi dengan PKS dan PKB. Koalisi tiga partai ini diklaim akan segera diumumkan.


NasDem dan PDIP belum bicara banyak terkait peluang koalisi. Namun, NasDem telah membuka komunikasi dengan sejumlah partai, seperti Gerindra dan Demokrat.


Selain itu NasDem telah menetapkan tiga bakal calon presiden (capres 2024). Mereka yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (*)


ADSEN KIRI KANAN