Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pelaku UMKM di Kotim Digratiskan Pajak

Selasa, 21 Juni 2022 | 09:07 WIB Last Updated 2022-06-23T02:14:01Z

Bupati Kotim Halikinnor


Sampit, fajarharapan.id - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Kalimantan Tengah (Kalteng) dibebaskan pajak. Hal itu upaya pemkab untuk meringankan beban mereka dalam mengembangkan usaha.


Hal itu dikatakan Bupati Kotim Halikinnor, Selasa (21/6/2022). Pemkab Kotim memberikan libur pajak untuk para pelaku usaha UMKM.


“Saya sudah membuat Tax Holiday (Libur Pajak) untuk dunia usaha terutama UMKM yang berinvestasi di Kotim. Ini untuk membantu meringankan beban mereka dalam mengembangkan usaha mereka,” kata bupati.


Sejak dibukanya tempat usaha, selama enam bulan maka tidak akan membayar pajak. Sehingga wajib pajak itu tidak perlu melakukan setoran pajak. Itu dilakukan karena Pemkab ingin pelaku usaha dapat berkembang. 


Lanjutnya, setelah waktu enam bulan itu dan usaha berjalan dengan baik, maka diwajibkan pajak.  


“Kami akan melihat dan mencoba dahulu, karena biasanya kalau rumah makan atau restoran di atas 3 bulan tetap eksis, berarti itu bisa bertahan. Biasanya waktu pembukaan awal orang ramai datang selama 6 bulan. Setelah itu baru akan kami kenai pajak makan dan minum,” paparnya.  


Ditegaskannya itu salah satu upaya pihaknya untuk membangkitkan UMKM di daerah tersebut. 


Lantaran diketahui sejauh ini banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Sehingga untuk kembali memulihkan ekonomi, berbagai upaya dilakukan.(ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN