Notification

×

Adsense atas

Adsen

Pantau Seleksi Tekon di Pemkab Kotim, Begini Komentar Bupati Halikinnor

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:30 WIB Last Updated 2022-06-24T10:46:20Z

Bupati Kotim Halikinnor saat memantau seleksi tenaga kontrak.


Sampit, fajarharapan.id - Tes ulang tenaga kontrak (Tekon) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) dipantau Bupati Halikinnor, Kamis (23/6/2022).


Bupati Halikinnor disela-sela pemantauan seleksi tekon tersebut kepada wartawan menyebutkan, teks tekon itu merupakan upaya pemerintah daerah mempertahankan tenaga kontrak yang berkualitas sebagai tindak lanjut dari instruksi pemerintah pusat. 


"Sesuai instruksi Pemerintah Pusat harus dihapuskan. Tapi kami tidak mungkin serta-merta menerapkan ini karena tenaga kontrak masih sangat dibutuhkan," ucap Halikinnor. 


Dia menambahkan, di kabupaten itu, terutama di wilayah pedesaan, masih bertumpu pada tenaga kontrak. Khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Sedangkan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih dibatasi alias minim jumlahnya. 


"Yang masih dibutuhkan akan kami pertahankan. Kami juga sudah menghadap ke Pemerintah Pusat. Bukan melanggar namun kami punya argumentasi bahwa ini tidak mungkin serta merta dihapus. Apalagi sepanjang kebijakan pusat masih membatasi di penerimaan ASN dan PPPK," ungkapnya.


Bagi tenaga kontrak yang tidak memenuhi kompetensi terpaksa diberhentikan. Kendati demikian, apabila pengurangan ini menggangu kinerja pemerintah daerah, pihaknya akan kembali mengevaluasi.(ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN