Notification

×

Adsense atas

Adsen

Ledakan di Ukraina, Asap Tebal Membubung Tinggi

Minggu, 12 Juni 2022 | 10:53 WIB Last Updated 2022-06-12T03:53:09Z


Ledakan terjadi di Kota Avdiivka, Ukraina bagian tenggara.


KIEV - Ledakan terjadi di Kota Avdiivka, Ukraina bagian tenggara. Asap tebal terlihat pasca-ledakan.


Kantor berita RIA melaporkan, ledakan terjadi pada Sabtu (11/6/2022). Kota Avdiivka terletak tepat di sebelah utara Kota Donetsk, yang dikendalikan oleh separatis berbahasa Rusia


RIA memposting video yang dikatakan diambil dari Donetsk. Dalam rekaman tampak awan asap besar membubung dari Avdiivka, sebagaimana dikutip iNews.id.


Reuters tidak dapat segera mengkonfirmasi laporan RIA atau keaslian video tersebut.


Pada awal Mei, sedikitnya 10 orang tewas dan 15 terluka oleh tembakan Rusia terhadap sebuah pabrik kokas di Avdiivka. 


Pabrik kokas tersebut milik perusahaan baja Ukraina, Metinvest BVMETIV.UL. Pada Maret lalu, peluru telah menghantam wilayah pabrik dan merusak beberapa fasilitasnya. Pabrik tersebut telah menghentikan operasinya setelah invasi Rusia.


Sementara itu, saat ini Ukraina masih menguasai pabrik kimia Azot di Sievierodonetsk. Di dalam pabrik tersebut, terdapat ratusan warga sipil yang berlindung. 


Informasi ini disampaikan Gubernur Wilayah Luhansk, Serhiy Gaidai, Sabtu (11/6/2022). Sebelumnya, kelompok separatis yang didukung Rusia mengklaim ada 300-400 pejuang Ukraina yang juga terperangkap di sana.


"Informasi tentang blokade Pabrik Azot bohong. Pasukan kami menguasai zona industri Sievierodonetsk dan menghancurkan tentara Rusia di kota itu," katanya di aplikasi pesan Telegram.


Sievierodonetsk merupakan kota kecil di kawasan Luhanks. Kota ini menjadi target sasaran Rusia di Ukraina timur. Di titik ini juga menjadi salah satu lokasi  paling berdarah dalam perang yang sekarang memasuki bulan keempat. 


Ukraina mengatakan, sekitar 800 orang bersembunyi di beberapa tempat perlindungan bom di bawah pabrik Azot. Ada 200 karyawan dan 600 penduduk Sievierodonetsk. (*)



ADSEN KIRI KANAN