Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kereta Cepat Jakarta Bandung Belum Bisa Beroperasi Tahun Ini

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:38 WIB Last Updated 2022-06-08T07:38:00Z

 

Kereta cepat.



JAKARTA — Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) belum bisa beroperasi pada tahun 2022. Namun, PT KCIC menargetkan proyek KCJB bisa rampung di akhir tahun 2022 ini.


Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyampaikan bahwa pembangunan proyek kereta cepat diharapkan bisa selesai tahun ini. Namun, dia menilai pengoperasian tidak akan langsung bisa dilakukan pada tahun ini.


"Belum (tahun ini beroperasi) paling tidak tahun ini pembangunannya. Soal operasional masih ada buntut lagi hal-hal lain," kata Adita kepada wartawan, Selasa (7/6/2022),sebagaimana dikutip Okezone.com.


Adita mengaku bahwa sebelumnya kereta cepat ditargetkan beroperasi tahun ini. Namun, Kemenhub berharap setidaknya progres pembangunan bisa semakin mendekati hasil pada tahun ini.


Terkait dengan adanya pembengkakan biaya atau cost overrun hasil temuan BPKP, Adita pun tidak memberikan keterangan banyak. Dia menyampaikan saat ini jumlah biaya bengkak proyek Indonesia-China tersebut belum diketahui pastinya. “Kita sedang lakukan prosesnya. Jadi belum bisa update soal itu," ujarnya.


Sebagai catatan, Per April 2022, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menyampaikan bahwa progres proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 82 persen, dengan target beroperasi pada 2023.


“Saat ini proyek KCJB sudah masuk tahap track laying dan pengerjaannya akan kita optimalkan. Kami targetkan proses pemasangan rel ini akan rampung di akhir Januari 2023,” kata Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi.(*)



ADSEN KIRI KANAN