Notification

×

Adsense atas

Adsen

Heboh, Warga NTT Temukan Mortir Aktif Peninggalan Jepang

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:40 WIB Last Updated 2022-06-22T07:40:00Z

 

Dua mortir yang ditemukan warga di NTT. Diduga mortir itu sisa peninggalan dari penjajah Jepang.



NTT - Warga Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) menemukan dua mortir aktif. Mortir itu diduga peninggalan penjajah Jepang. 


Dandim 1621/Timor Tengah Selatan, Letkol Arm Roni Hermawan mengatakan, mortir itu ditemukan oleh warga saat sedang beraktifitas di Sungai Noemina, Desa Oebobo, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Selasa (21/6/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


"Kemudian warga melaporkan kepada Babinsa sehingga langsung diamankan agar tidak disalahgunakan,"kata Roni Hermawan, Rabu (22/6/2022). Dia menambahkan, dua buah mortir memiliki ukuran panjang 15 cm. Diduga mortir yang sudah karatan tapi masih aktif merupakan peninggalan penjajah Jepang.


Letkol Roni menjelaskan, sesuai hasil identifikasi sementara, mortir tersebut masih aktif dan memiliki detonator pada bagian moncongnya namun ikatannya sudah berkarat dengan kode Register MU-ATGM. 


"Mortir itu masih aktif dan memiliki daya ledak cukup besar sehingga warga sekitar diimbau untuk berhati-hati ketika menemukan barang aneh seperti itu segera lapor untuk diamankan," kata dia.


Hermawan menambahkan, saat ini dua benda tersebut masih diamankan di Makodim Timor Tengah Selatan sambil menunggu petunjuk dari Komando atas.(*)


ADSEN KIRI KANAN