Notification

×

Adsense atas

Adsen

Gedung Sekolah Rusak, Ratusan Siswa SDN 2 Penawangan Grobogan Terpaksa Ujian di Teras

Rabu, 08 Juni 2022 | 12:31 WIB Last Updated 2022-06-08T05:31:02Z

 

Siswa SDN 2 Penawangan Grobogan Jawa Tengah terpaksa ujian di teras. (ist)



GROBOGAN - Ratusan siswa kelas satu hingga lima SD Negeri 2 Penawangan di Grobogan Jawa Tengah, terpaksa mengikuti Ujian Sekolah di teras karena bangunan sekolah mengalami kerusakan parah dan nyaris roboh.


Guru dan siswa takut jika nekat menggunakan gedung tersebut, sewaktu-waktu bisa roboh dan menimpa mereka.


Ujian Sekolah tersebut sudah berjalan selama tiga hari dan membuat para siswa tidak nyaman dengan kondisi sekolahnya saat ini,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Proses belajar mengajar di teras sekolah ini sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu, saat seluruh siswa sudah mulai diperbolehkan melaksanakan tatap muka secara penuh.


Doni Yuda Mustika, siswa kelas empat ini mengaku merasa sangat tidak nyaman karena cuaca panas terik sehingga badan menjadi panas dan tidak bisa konsentrasi saat mengerjakan ujian.


Selain itu, cuaca hujan juga membuat siswa harus tergesa-gesa untuk menyelesaikan ujiannya hingga tidak bisa maksimal.


"Nggak bisa konsentrasi, kena sinar matahari dan silau. Penginnya kelas bisa diperbaiki semua seperti biasanya," ungkap Doni.


Kepala SDN Dua Penawangan, Budiono mengungkapkan bahwa pihak sekolah telah mengajukan bantuan rehab sekolah, namun belum ada respons dari pemerintah pusat.


"Gedung yang tiga itu rusak, jadi tidak bisa ditempati, nanti bisa ambrol dan menibani anak-anak. Jadi (belajar) di teras sampai ada rehab," jelas Budiono.

"Sudah berkali-kali diajukan (rehab) tapi saya baru mendengar tahun 2022 ini tidak terjatah lagi,"


Bahkan pada tahun ini, SDN 2 Penawangan belum masuk data. Budiono hanya bisa pasrah dan agar pelaksanaan Ujian Sekolah bisa berjalan, pihaknya menerapkan shift.


Upaya untuk mencari lokasi belajar di rumah-rumah warga pun terkendala dengan jarak antara sekolah dan kampung yang cukup jauh.


Untuk pelaksanaan Ujian Sekolah, pihak sekolah menggelar di dua tempat yaitu di teras agar gedung sekolah mereka segera diperbaiki dan siswa bisa kembali belajar dengan tenang dan nyaman.(*)



ADSEN KIRI KANAN