Notification

×

Adsense atas

Adsen

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak Berat

Kamis, 16 Juni 2022 | 10:21 WIB Last Updated 2022-06-16T03:21:00Z

Warga memasang terpal pada atap rumahnya yang rusak diterjang angin puting beliung



Lahat Angin puting beliung menerjang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel). Ratusan rumah warga dua desa di Kecamatan Jarai, yakni Bandar Aji dan Tertap rusak ringan hingga berat. 


Bencana angin ribut ini menimbulkan kepanikan luar biasa pada Rabu (15/6/2022) sore. Terlihat dari sejumlah video amatir yang beredar, warga berteriak, menangis dan ada juga sebagian yang mengumandangkan azan memohon pertolongan yang maha kuasa untuk menghentikan bencana, sebagaimana dikutip iNews.id.


Terlihat juga atap rumah warga berterbangan dan menimpa atau menabrak rumah lainnya. Warga tidak ada yang berani mendekat kecuali berteriak dan mengumandangkan azan. 


Informasi, warga baru berani memeriksa kerusakan yang terjadi setelah angin puting beliung berhenti. Sebelum datang angin ribut, menurut warga langin desa mereka diselimuti mendung dan hujan ringan.  


Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB datang angin kencang dan berputar-putar. Tidak lama kemudian atap rumah warga berterbangan. Sebagian besar rumah warga rusak pada bagian atap, namun ada juga yang rusak hingga dinding dan bagian lainnya. 


Belum ada informasi resmi dari pemerintah setempat. Namun menurut data dihimpun dari warga setempat, di Desa Tertap terdapat lima rumah rusak berat dan 27 rusak ringan. 


Sementara Desa Bandar Aji 54 rumah rusak berat dan 21 rumah rusak sedang hingga ringan. Selain merusak rumah, angin puting beliung juga merusak tanaman, kandang hewan ternak, jaringan komunikasi dan listrik terputus atau padam.  


Belum ada keterangan resmi dari pihak Pemda lahat. Namun hingga kini warga memastikan tidak ada korban jiwa. (*)



ADSEN KIRI KANAN