Notification

×

Adsense atas

Adsen

Disdik Sumbar Serahkan Kembali 281 SK PPPK Tahap II

Jumat, 17 Juni 2022 | 00:31 WIB Last Updated 2022-06-17T00:58:05Z



.


Padang, fajarsumbar.com - Sebanyak 281 Surat Keputusan (SK) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II Lingkup Dinas Pendididikan Provinsi Sumatera Barat Formasi Tahun 2021 diserahkan, Kamis (16/06/2022, dalam suatu upacara di halaman Kantor Disdik Sumbar Jalan Sudirman Padang

Pelaksana Harian Disdik Sumbar Dr. Sadrianto  M.Pd menyerahkan SK PPPK secara simbolis, didampingi sejumlah pejabat esalon III dan beberapa Kacabdin Wilayah I hingga 8 Lingkup Disdik Prov Sumbar.

Dalam sambutannya, Ph Disdik Prov Sumatera Barat Dr  Sadrianto. M.Pd mengatakan, bapak dan ibuk telah terpilih melalui seleksi yang ketat, namun tidak semua orang bisa berhak untuk mendapatkan SK PPPK ini. "Kita tau bahwa P3K ini, suatu bentuk dan sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Negara Kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI), disamping Pegawai Negeri Sipil (PNS)", imbuhnya.

Menurutnya, SK PPPK yang diterima terhitung, dari 1 Maret 2022- 27 Februari 2027 (lebih kurang 5 tahun) itu diharapkan bapak dan ibuk bisa membuktikan kinerja yang telah dicapai dalam membangun sumber daya manusia sebagai insan pendidik.

Selain itu, bapak dan ibuk merupakan bagian dari ujung tombak untuk merobah dan mencerdaskan sumber daya manusia bangsa dan negara ini kearah yang lebih baik melalui bidang pendidikan.

Suatu bentuk keberhasilan suatu pendidikan tentu berada ditangan bapak dan ibuk, salah satunya melalui program unggulan bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, yakni Sumbar Cerdas, sebut Sadrianto

Melalui Program unggulan itu, terbukti semakin banyak anak- anak kita yang secara diam- diam diterima di Perguruan Tinggi baik didalam maupun luar Negeri.

Sadrianto mengharapkan kepada penerima SK PPPK, agar dapat membuktikan kinerja yang terbaik dilingkungan kerja dan ditempat tinggal masing- masing. Harapan yang disampaikan ini,  katanya pasti dan dapat diukur dan dipantau, bahkan dalam perjalanannya seperti apa pula yang dilakukan kedepannya.

Seiring dengan perkembangan teknogi, siapa yang lamban akan ketinggalan dan malas akan tergilas dengan situasi itu. " Pegawai PPPK, agar dapat meningkatkan kompetensi, terutama di bidang IT, karena sistem pembelajaran yang terjadi dalam kelas telah mulai ditinggalkan secara konfensional dan mulai menggunakan teknologi digital, begitu juga dengan kompentesi penguasaan  IT bagi PPPK yang termasuk dalam suatu ukuran dan penilaian untuk dievaluasi 27 Februari 2027 nanti", ungkap Sadrianto

Berbicara tentang kinerja seorang PPPK ungkapnya, sama dengan beban kerja dan tugas utama seorang guru, terdiri dari 7 kreteria sesuai PP 74 Tahun 2008, yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi, namun beban kerja itu harus dapat dibuktikan.

Disisi lain, dalam kegiatan pembelajaran dikelas selama ini, hanya masih terjebak dalam budaya mengajar saja, namun kedepan diharapkan bisa ditampilkan sesuai dengan konsep mendidik, "Tut Wuri Handayani", yakni asih asah dan asuh.

Untuk itu, Ia mengharapkan, pegawai PPPK, dapat melaksanakan 7 tugas utama itu dengan baik, begitu juga beban kerja yang diberlakukan sama dengan beban kerja PNS, yakni merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai pembelajaran membimbing siswa dan menambah tugas tambahan yang tidak bisa dipisahkan dalam kegiatan pembelajaran.

Kedepan, Tahun 2023 nanti, akan ada reposisi- reposisi status dari pekerjaan P3K yang ada saat ini, namun reposisi itu bukan dari Sumbar, namun dari Pemerintah terkait.

Untuk itu, PPPK agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan jangan sampai keluar dari aturan regulasi yang diberlakukan, seperti  kualifikasi, komptensi, kinerja dan disiplin menjadi suatu pedoman untuk dilakukan evaluasi.

Untuk membangun sumber daya manusia di Sumatera Barat, jelas Sadrianto, tidak terlepas dari human capital pendidikan, jika pendidikan bermasalah akan bermasalah juga terhadap aspek lain.

Dengan demikian PPPK, jangan dilihat dari segi penempatan kerja di daerah yang jauh, namun bekerjalah dengan profesional secara total litas, jujur, iklas dan intitut untuk melangkah yang lebih baik kedepannya.

Mengakhiri sambutanya, Ia mengajak PPPK, mari kita bangun Sumbar Sehat  Cerdas, Regilius untuk mewujudkan masyarakat Sumbar Sejahtera dan Madani, sesuai Visi dan Misi bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat.

Dalam sasaran Visi dan Misi itu, Disdik Sumbar, agar bisa mampu menciptakan Sumbar Cerdas dan Sumbar Sehat, sehingga perlu dilaksanakan, dibangun dan dijaga dengan baik secara bersama.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Prov Sumbar Mairoza Yuhendri. SE mengatakan, tanggal 24/05/2022, Disdik Prov Sumbar, juga telah menyerahkan 531 SK CPNS dan SK PPPK Guru Tahap I Lingkup Disdik Prov Sumbar  Formasi Tahun 2021.(RDz)



ADSEN KIRI KANAN