Notification

×

Adsense atas

Adsen

Deretan Senjata Canggih Incaran TNI AU untuk Benteng Pertahanan Ibu Kota Baru

Kamis, 09 Juni 2022 | 14:38 WIB Last Updated 2022-06-09T07:38:00Z

 



Angkatan Udara TNI.

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyebut, beberapa kebutuhan alat utama sistem senjata (Alutsista) dari matra Udara. Alutsista incaran TNI AU ini bertujuan untuk membentengi Indonesia dari serangkaian ancaman, termasuk pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


"Kita ke depan akan memiliki Ibu Kota Negara, bagaimana TNI Angkatan Udara harus siap melindungi Ibu Kota Negara? Seperti apa dan alutsista apa yang kita butuhkan? Ke depan memang ada Renstra, ada dinamika oleh Menteri Pertahanan di dalam pemilihan pemilihan-pemihan alutsista yang tepat," ucap Fadjar di Kawasan Halim, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022).


Dikatakannya, kebutuhan alutsista tersebut, kata KSAU di antaranya pesawat peringatan dini atau pesawat command control. Termasuk juga beberapa jenis tipe pesawat tempur dan persenjataan strategis,sebagaimana dikutip okezone.com.


"Pesawat tempur yang sedang sudah akhir-akhir ini dibicarakan. Ya saya sebutkan di sini, Rafale dan F-15 EX atau yang nanti kedepan kita bisa jadi F-15 IDN, pesawat angkut, baik A400, C130 tipe J, pesawat helikopter, persenjataan lain UAV," ungkapnya.


Dia memastikan, sampai dengan saat ini pihaknya terus mempelajari dan mempersiapkan alutsista secara matang untuk Ibu Kota Baru.


Hal itu kata dia dikarenakan, penggunaan alutsista akan dilakukan secara panjang dan berkelanjutan.


"Kami betul-betul mempelajari, menyiapkan dengan hati-hati dan cermat. Karena hitungannya adalah pembelian alutsista tidak digunakan dalam 3-5 tahun, tapi sampai 40 tahun. Tentunya ini harus membutuhkan perencanaan yang cermat," tutupnya.(*)



ADSEN KIRI KANAN