Notification

×

Adsense atas

Adsen

Dahsyatnya Gempa di Afghanistan, Korban Tewas Melonjak Jadi 280 Orang

Rabu, 22 Juni 2022 | 17:05 WIB Last Updated 2022-06-22T10:05:00Z

 

Korban tewas akibat gempa M6,1 di Afghanistan bertambah menjadi 280 orang.



KABUL - Korban tewas akibat gempa bumi bermagnitudo 6,1 di Afghanistan, Rabu (22/6/2022), melonjak jadi 280 orang. Korban masih mungkin bertambah karena banyak daerah terpencil yang belum terdata. 


Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengungkap, gempa bertitik pusat sekitar 44 km dari Kota Khost, dekat perbatasan Pakistan, dengan kedalaman 51 km. USGS kemudian memutakhirkan kekuatan gempa menjadi M5,9. Sementara itu Pusat Seismologi Mediterania Eropa (EMSC) mengungkap kekuatam gempa M6,1.


Dilaporkan Reuters, mengutip pernyataan pejabat Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Salahuddin Ayubi, selain 280 orang meninggal, ratusan lainnya luka. Jumlah korban kemungkinan terus bertambah begitu informasi dari desa-desa di pegunungan terpencil diterima,sebagaimana dikutip iNews.id.


Sementara itu foto-foto yang dirilis media Afghanistan menunjukkan rumah-rumah ambruk menjadi puing serta jenazah digeletakkan di tanah dan ditutupi selimut.


Sebagian besar korban meninggal berada di Provinsi Paktika, yakni 255 orang tewas dan lebih dari 200 luka. Sementara itu Provinsi Khost, 25 orang tewas dan 90 lainnya dirawat di rumah sakit. "Jumlah korban tewas kemungkinan akan bertambah karena beberapa desa berada di daerah terpencil pegunungan dan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rincian," kata Ayubi. 


Pihak berwenang menggelar operasi penyelamatan menggunakan helikopter untuk menjangkau korban luka serta mendistribusikan bantuan medis dan makanan.


Guncangan gempa juga dirasakan di Pakistan dan India. Sejauh ini belum ada laporan korban di Pakistan.(*)



ADSEN KIRI KANAN