Notification

×

Adsense atas

Adsen

Car Free Day Pertama, KBP Turut Andil Bagian

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:39 WIB Last Updated 2022-06-19T12:39:46Z

Bupati Pati Haryanto menyempatkan diri meninjau stand KBP


Pati, fajarharapaan.id - Setelah sekian lamanya Car Free Day (CFD) tidak dilaksanakan dikarenakan pandemi Covid-19, hari ini  Kabupaten Pati mengadakan CFD untuk pertama kalinya dilaksanakan setelah sekian tahun terhenti. CFD pertama ini sangat berkesan bagi masyarakat Pati setelah menanti sekian lama. Minggu (19/6).


Demikian pula dengan Komunitas Bonsai Pati (KBP) dengan pertama kali diadakannya CFD ini bagi KBP seperti pohon yang sekian lama kekeringan tersiram dengan air hujan. Untuk itu dengan memanfaatkan momentum ini KBP menggandeng DLH Pati turut serta meramaikan CFD. Dengan mengambil tempat di depan kantor DPUTR Pati sejak malam sebelumnya anggota KBP dengan antusias menyiapkan bonsainya dengan dititipkan di DPUTR. Hal ini untuk mempermudah penyiapan esok harinya. Perlu diketahui CFD dimulai dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 09.00 WIB.

 

Dengan antusias ketua KBP periode ini Agus Suntoro turut serta dalam penyiapan bonsai dan kelengkapan lainnya, dengan dibantu anggota KBP lainnya penyiapan akhirnya usai pada hari minggu dini hari.

" Semangat anggota memang luarbiasa, saya selaku ketua hanya mengikuti serta memantau karena di KBP dikedepankan musyawarah mufakat sehingga apa yang dilaksanakan sesuai dengan koordinasi," ungkap Agus. 


Sementara itu salah satu panitia acara ini Muhammad Ihsan mengatakan kali ini KBP menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pati. Dengan tema KBP dan DLH  Peduli Lingkungan menghimbau kepada masyarakat yang mengikuti CFD ini untuk menukarkan botol plastik dengan pupuk kompos yang disediakan oleh DLH. 

" Selain kita memberikan edukasi kedalam yaitu kepada anggota KBP kami juga mengedukasikan kepada masyarakat untuk peduli lingkungan, salah satunya mengumpulkan bekas botol plastik untuk ditukarkan dengan pupuk kompos," ujar Ihsan.


Ihsan menambahkan Komunitas Bonsai Pati (KBP) berusaha  untuk bermanfaat bagi anggota maupun masyarakat terutama dibidang lingkungan dan ekonomi. Selain mengedukasikan tentang kelestarian lingkungan juga bonsai mempunyai nilai ekonomi, hal ini terbukti nilai bonsai makin tinggi dengan beraneka ragamnya budidaya yang dilakukan oleh pebonsai. Untuk itu KBPpun mengagendakan  kegiatan pameran dan bursa untuk semakin mengenalkan bonsai kepada masyarakat.

"Dalam merawat bonsai kuncinya harus sabar dan penuh kreatifitas untuk menghasilkan bonsai yang bernilai jual tinggi. Kesabaran, ketekunan dan sering berkomunikasi itu kuncinya," tambah Ihsan 


Selain masyarakat, Bupati Pati Haryanto juga menyempatkan diri untuk melihat dan meninjau stand KBP dalam gelaran CFD. Bupati sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan KBP. Hal ini nampak dalam perbincangan dengan pengurus serta anggota KBP dengan keakraban yang luar biasa. Selain memberikan apresiasi, Bupati juga  menyempatkan diri untuk berpoto bersama masyarakat dan anggota KBP. (m@s)




ADSEN KIRI KANAN