Notification

×

Adsense atas

Adsen

70 Persen Area Akan Jadi Hutan Tropis, IKN Berpotensi Menjadi Kota Karbon Netral

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:33 WIB Last Updated 2022-06-22T12:33:00Z

 

70 persen area akan jadi hutan tropis, IKN berpotensi menjadi kota karbon netral.



Jakarta - Sebanyak 70 persen dari 260.000 hektare (ha) area IKN Nusantara akan menjadi hutan tropis. Hal itu memungkinkan IKN Nusantara menjadi kota karbon netral bahkan karbon negatif karena bisa lebih banyak menyerap karbondioksida daripada yang dihasilkan.  


"Dari 260.000 hektare yang luasannya 4 kali lipat dibandingkan Jakarta, sekitar 70 persen area dilestarikan sebagai hutan tropis," kata Ketua Bidang Koordinasi Transformasi Teknologi dan Inovasi Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Negara Mohammed Ali Berawi dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022),sebagaimana dikutip iNews.id.


Ali menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan visi IKN Nusantara sebagai kota hijau dan inklusif sehingga bisa menciptakan kota yang berkelanjutan dan layak huni. 


"Kita berharap bisa menghasilkan kota yang smart, berkelanjutan, dan tangguh. Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mengembangkan teknologi yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan mutu kehidupan," ujarnya.


Ali menuturkan, teknologi smart city merupakan sarana untuk mewujudkan kota yang layak huni dan memiliki kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. Sebab menurutnya, teknologi menjadi unsur penting demi meningkatkan mutu kehidupan masyarakat. 


"Ibu kota baru terbuka bagi semua orang, investasi, manufaktur, periset, pendukung untuk membangun ekosistem smart city yang inklusif dan berkelanjutan,” ucap Ali. 


Sementara mantan master planner Kota Sejong, Korea Selatan Kun Hyuck Ahn memberikan apresiasi pada rencana pembangunan IKN. Menurutnya, membangun kota baru membutuhkan waktu lama, lebih lama dari pembangunan perumahan biasa.  "Jadi jangan terburu-buru untuk memulai konstruksi,” kata dia.(*) 



ADSEN KIRI KANAN