Notification

×

Adsense atas

Adsen

1.041 Tekon Gugur di Kotim, Bupati; "Jangan Selalu Berpatokan jadi PNS"

Kamis, 30 Juni 2022 | 21:44 WIB Last Updated 2022-06-30T14:44:43Z

Suasana seleksi tenaga kontrak di Kotim. (ist)


Sampit, fajarharapan.id - Dari 3.500 tenaga kontrak (tekon) yang ikut seleksi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), seribu lebih dinyatakan gugur.


Hal itu dibenarkan oleh Bupati Kotim, Halikinnor kepada wartawan, Kamis (30/6/2022). “Hari ini pengumuman. Berdasarkan informasi yang saya terima dari 3.500 tekon yang ikut seleksi, sekarang sisa hanya tinggal 2.000 orang lebih,” jelasnya kepada wartawan.


Menurut bupati, ia menyerahkan urusan seleksi menyeleksi itu kepada panitia yang telah ditetapkan, jadi mereka yang mengurusnya. Otomatis mereka yang tidak lulus seleksi tersebut tidak bisa melanjutkan kontraknya sebagai pegawai daerah Kotim.


Bupati pun mendorong tekon yang tidak lulus seleksi tersebut untuk menjadi enterpreneur dan jangan hanya berpatokan menjadi pegawai negeri saja, sebab jika jadi Aparatur Sipil Negara (ASN) gajinya dipatokkan.


“Kotim ini sumber daya alamnya banyak, peluang usaha juga banyak. Jangan hanya berpatokan menjadi tekon ataupun CPNS, harus bisa jadi enterpreneur. Kalau jadi PNS ini gajinya kecil dan penghasilan dipatokkan pula lagi. Kalau jadi pengusaha.. wowh..,” sebutnya seraya mendorong generasi penerus setelah tamat kuliah jangan hanya berpatokan jadi pegawai negeri saja.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim, Kamaruddin Makalepu menyebutkan, pengumuman hasil seleksi tekon dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. 


Berdasarkan hasil pengumuman, jumlah tekon yang dinyatakan tidak lulus atau kontraknya berakhir pada 30 Juni 2022 ini sebanyak 1.041 orang dan yang dinyatakan lulus ada 2.484 orang.  


Tekon yang lulus akan ditempatkan pada perangkat atau unit kerja sesuai dengan kebutuhan. Sementara untuk surat keputusan pengangkatan sebagai tenaga kontrak akan diberikan secepatnya. (ib/audy)


ADSEN KIRI KANAN