Notification

×

Adsense atas

Adsen

Walikota Genius Umar Pembicara Pada PKA PPSDM Kemendagri

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:16 WIB Last Updated 2022-05-24T06:16:34Z

Walikota Pariaman Genius Umar bertindak sebagai pembicara pada pelatihan dan kepemimpinan Pejabat yang diselenggarakan PPSDM Kemendagri, Senin 23 Mei 2022 (foto.dok.mcp).


Kota Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar, didapuk menjadi narasumber yang digelar oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Bukittinggi. Yakni memberikan Pelatihan Kepemimpinan bagi Pejabat Administrator (PKA) yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Riau, bertempat di ruang kerja Walikota, Balaikota, Senin pagi (23/05/22).


"Pada kesempatan ini, saya memberikan materi tentang Penerapan Manajemen Kinerja Serta Tantangannya Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Dalam era transformasi digital saat ini, serta birokrasi pemerintahan yang tercipta mulai dari pusat sampai daerah, sudah tidak ada lagi pejabat yang bersifat bossy, atau dilayani, tetapi telah berubah menjadi melayani" ujarnya. 


Menurut Genius, setiap individu ASN dituntut harus bekerja dengan memberikan kinerja yang baik, terukur dan memiliki out put yang jelas. Artinya, kinerja mulai dari Kadis, Kabid, Kasi sampai staf bahkan Non ASN, harus dapat menjadi tolak ukur kinerja dari OPD. Terutama mereka dapat meningkatkan kerja, dengan penuh inovasi, kreatifitas dan loyalitas yang tinggi terhadap tujuan dari pimpinan daerah. 


"Peran Stronger Leadership juga sangat diperlukan, dalam membuat kebijakan yang berorientasi pada pelayanan publik yang baik dan good governance. Sehingga manajemen di pemerintah daerah, dapat berjalan dengan baik. Tujuan akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat dan pelayanan yang baik kepada masyarakat" tegasnya. 


Lebih lanjut lulusan S3 IPB ini  menjelaskan, dirinya menerapkan manajemen kebijakan di Kota Pariaman, mulai dari merubah birokrasi yang efektif dan efisien, quick respons. Juga menunjukan leadership yang kuat terhadap tujuan dari RPJMD yang telah dibuat. 


"Dahulu Kota Pariaman selalu tertinggal dari daerah lainya yang ada di Sumatera Barat. Tetapi saat ini, Kota Pariaman berubah menjadi yang terbaik, baik di Provinsi Sumbar, maupun di Indonesia.Hal demikian, berkat inovasi dan terobosan yang kita lakukan untuk menjadikan Kota Pariaman menjadi lebih baik," tukasnya. 


Genius menerangkan, program yang telah dilakukanya, mulai di bidang pendidikan, seperti wajib belajar 12 tahun, program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja). Pada bidang Kesehatan, Kota Pariaman meraih Universal Health Converance (UHC) diangka 99,4 persen, dan bidang-bidang lainya.


Pada masa pandemi 2 tahun terakhir sampai saat ini, sebut Walikota Genius,dengan keterbatasan anggaran, kita tetap berinovasi melalui program gotong royong pembukaan jalan baru non Budgeter sebanyak 15 ruas jalan, kesemuanya sepanjang lebih kurang 40 KM.


"Kita mengajak ASN dan masyarakat setempat, membuka ruas jalan baru,tanpa anggaran, juga masyarakat secara sukarela menghibahkan tanahnya. Bahkan, mereka juga ikut bersama ASN bergotong royong membuka jalan ini," tutupnya. (mcp-909)






ADSEN KIRI KANAN