Notification

×

Adsense atas

Adsen

Walikota Genius Umar ; Apresiasi Kegiatan Silaturrahmi DPD PPSKS Kota Pariaman

Minggu, 08 Mei 2022 | 18:08 WIB Last Updated 2022-05-08T11:08:08Z

Walikota Pariaman Genius Umar bersama Pengurus DPD PPSKS Kota Pariaman acara silaturrahmi halal bi halal di Rumah Tabuik Pasa, Sabtu malam 7 Mei 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman
- Walikota Pariaman Genius Umar, hadiri silaturahmi Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 Masehi yang digelar Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Payuang Panji Suku Koto Sedunia (PPSKS) Kota Pariaman, bertempat di rumah Tabuik Pasa, Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah, Sabtu malam (07/05/22).


"Atas nama pemerintah dan pribadi, kami menyambut baik silaturahmi yang digelar DPD PPSKS Kota Pariaman, serta menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya organisasi masyarakat berbasis kaum Suku Koto ini di Kota Pariaman ini," ujarnya.


Pada kegiatan silaturahmi keluarga besar Suku Koto di Kota Pariaman ini, Genius menuturkan bahwa kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat Suku Koto dari Kota Pariaman saja, tetapi juga dihadiri masyarakat Suku Koto dari luar daerah dalam pertemuan tersebut, seperti Sumatera Utara, Pekanbaru, Dumai. Bahkan ada yang datang dari Pulau Jawa, yang menandakan kuatnya tali silaturrahmi Payuang Panji Suku Koto Sadunia ini.


"Suku Koto berdasarkan sejarah menurut A A Navis, dalam bukunya berjudul Alam Takambang Jadi Guru menyatakan bahwa, nama suku Koto berasal dari kata 'koto' yang berasal dari bahasa Sanskerta 'kotta' yang artinya benteng. Dahulu benteng ini terbuat dari bambu. Di dalam benteng ini terdapat pula pemukiman beberapa warga yang kemudian menjadi sebuah 'koto' yang juga berarti kota," jelasnya


Lebih lanjut Genius mengatakan, asal usul suku Koto sendiri dahulunya merupakan satu kesatuan dengan Suku Piliang. Karena, perkembangan populasinya, maka paduan suku ini dimekarkan menjadi dua suku yaitu suku Koto dan suku Piliang.


"Dengan adanya organisasi PPSKS, tempat bernaungnya Suku Koto ini, diharapkan bisa memberi pokok-pokok pemikiran dan bersinergi dengan pemerintah daerah demi memajukan dan mengembangkan pembangunan daerah yang lebih baik tanpa menghilangkan ideologi minangkabau. Apalagi saat ini, kita sedang giat membangun dan menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata di indonesia," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua DPD PPSKS Kota Pariaman Azwar Anas mengatakan, pertemuan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi Suku Koto yang ada di Kota Pariaman dan semua daerah yang ada di Indonesia.


"Raso bandunsak itu yang membuat kita Suku Koto bisa berkumpul di pertemuan ini. Sekaligus ajang silaturahmi dan halal bihalal menyambut lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah atau 2022 Masehi di Rumah Tabuik Pasa ini," sebutnya.


Azwar mengatakan organisasi yang dia pimpin, akan mendukung penuh kebijakan dan program yang dibuat oleh Pemerintah Kota Pariaman. Sejak dipimpin Walikota Genius Umar, banyak pembangunan dan prestasi yang telah dicatatkan, sehingga Kota Pariaman semakin maju dan berkembang.


"Kami akan mendukung penuh kebijakan Pak Wali yang menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota tujuan wisata. Sa'at ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.


Untuk menyemarakan acara ini, Panitia juga menggelar Dendang Kim berhadiah serta lelang Singgang Ayam, Kue dan Katan Durian, kepada semua yang hadir, yang berasal dari Suku Kota yang tersebar. Bukan hanya di Sumatera Barat dan Pulau Sumatera saja, tetapi juga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. (mcp-045).




ADSEN KIRI KANAN