Notification

×

Adsense atas

Adsen


Samsat Padang, Buka "Samsat Wikend" di Areal Parkir Transmart Padang

Sabtu, 14 Mei 2022 | 02:50 WIB Last Updated 2022-05-14T04:20:41Z


.

Padang, fajarharapan.id Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan pelayanan terhadap wajib pajak, Samsat Padang akan membuka satu unit pelayanan pajak, yakni "Samsat Wikend"


Samsat Wikend yang digelar secara online ini, berlokasi pada areal parkir Transmart Jalan Khatib Sulaiman Padang.


Untuk mendrikan Samsat Wikend ini, Samsat Padang masih menunggu izin dari manajemen Transmart Padang, seiring menunggu surat izin dari Transmart Jakarta, ungkap Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Pendapatan Daerah (P2D) Propinsi Sumatera Barat di Padang, Hidayat Dahlan. SH. MM kepada fajarharapan.id di ruang kerjanya, Jumat (15/05/2022).


Pendirian Samsat Wikend ini, setelah dilakukan survey, dari hasil survey itu, maka areal parkir Transmart Padang, sangat strategis untuk kegiatan pelayanan PKB, "apalagi kawasan Transmart, salah satu sasaran dan tujuan masyarakat dari luar Kota, begitu juga bagi masyarakat Kota Padang, baik untuk berbelanja kebutuhan sehari- hari, mendapatkan kuliner maupun kesempatan bermain bagi anak- anak", sebut Hidayat Dahlan.


Menurutnya, pelayanan yang diupayakan Samsat Wikend ini, juga bagi masyarakat daerah lain, seperti dari Kabupaten Darmasraya, Sijunjung dan Pesisir Selatan yang berkunjung ke Kota Padang, begitu juga bagi masyarakat dari berbagai Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat.


"Masyarakat Sambil berkunjung di Transmart Padang dan melihat adanya pelayanan Samsat Wikend, maka pengunjung selaku wajib pajak yang patuh, bisa mengurus pemutihan Administratif PKB yang telah jatuh tempo harap Hidayat


Upaya ini seiring Pemerintah Provinsi Sumatera Barar, kembali memperpanjang masa penghapusan sanksi administratif atas keterlambatan (denda) pembayaran PKB.


Hal yang sama juga diberlakukan untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta pembebasan BBNKB ke II untuk kendaraan didalam dan diluar Provinsi


"Untuk meringankan denda PKB dan mengaktifkan kembali PKB tersebut, Kantor Samsat Padang, telah memberlakukannya sejak tanggal 15 Maret hingga 15 Juni 2022", imbuhnya


Menurut Hidayat, pemutihan Admistratif itu, hanya diberlakukan untuk denda PKB yang telah jatuh tempo, namun untuk pokok PKB, tetap dipungut biaya Administratifnya.


Begitu juga dengan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) I dan BBNKB ke II, baik untuk kendaraan didalam maupun dari luar Prov Sumbar.


Ia mengajak pemilik kendaraan bermotor, agar bisa memanfaatkan momen bulan pemutihan yang hanya tinggal 1 bulan lagi, karena belum tentu tahun depan Pemrov Sumbar memberlakukan hal yang sama


Pengurusan dan pembayaran PKB, BBNKB I dan BBNKB ke II itu, ujar Hidayat masyarakat waktu dekat bisa mendatangi Samsat Wikend di Transmart Jalan Khatib Sulaiiman Padang,, kemudian di Kantor Samsat Jalan Asahan No 2 Padang, melalui Mobil Samsat Keliling, Plaza Andalas dan Kristina Hakim Lubuk Buaya Kecamatan KotoTabgah Padang .


Menyinggung pemasukan dari sisi PKB, BBNKB I dan BBNKB Ke II dari hasil Pemutihan Administratif, yakni dari Maret hingga April 2022, ungkap Hidayat telah mencapai 39 persen, "Ia optimis target yang telah ditetapkan Samsat Padang  sampai pertengahan Juni nanti bisa tercapai 100 %", harapnya.


Upaya pemutihan Adminitratif terhadap PKB  BBNKB I dan BBNKB Ke II yang dilakukan Pemrov Sumbar, terus disosialisakan melalui Towetter, Instagram dan Facebook Kantor Samsat Padang.

(RDz)

adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN