Notification

×

Adsense atas

Adsen

Potret Gerhana Bulan dari Luar Angkasa, Begini Penampakannya

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:02 WIB Last Updated 2022-05-17T10:02:00Z

 

Potret Gerhana Bulan dari Luar Angkasa



JAKARTA - Seorang astronot di International Space Station (ISS) berhasil memotret pemandangan menakjubkan gerhana Bulan yang terjadi kemarin. Potret itu dibagikan di tweet terbaru oleh astronot.  Astronot ISS Samantha Cristoferetti mencuitkan beberapa foto dari gerhana bulan sebagian. Dia memperlihatkan wajah gerhana dari fasilitas orbit sekitar 250 mil di atas Bumi.


“Bulan yang sebagian gerhananya bermain petak umpet dengan panel surya kita,” tulis Cristoforetti dalam tweet yang menyertai gambar-gambar menakjubkan itu. Gerhana bulan terjadi ketika Bumi berada tepat di antara matahari dan bulan, menyebabkan planet kita membayangi planet tetangga terdekat kita, sebagaimana dikutip iNews.id.


Gerhana bulan sebagian, di mana hanya sebagian bulan yang dibayangi oleh Bumi, cukup umum, tetapi gerhana bulan penuh, seperti yang terjadi pada akhir pekan, lebih jarang terjadi.


Gerhana bulan total baru-baru ini paling baik dilihat dari Amerika, meskipun pengamat langit di beberapa bagian Afrika dan Eropa juga dapat menikmati fenomena tersebut.


Gerhana bulan total berikutnya akan terjadi pada 8 November 2022, dan akan terlihat di beberapa bagian AS dan Asia, tetapi setelah itu penduduk bumi harus menunggu hingga Mei 2025. Astronot Badan Antariksa Eropa Cristoforetti tiba di stasiun luar angkasa untuk tinggal selama enam bulan pada 26 April. Teman perjalanan SpaceX Crew-4-nya terdiri dari astronot NASA Kjell Lindgren, Bob Hines, dan Jessica Watkins. 


Empat astronot, bersama dengan tiga lainnya di stasiun, akan menghabiskan waktu mereka melakukan penelitian ilmiah dalam kondisi gayaberat mikro, melakukan perjalanan ruang angkasa untuk memelihara dan meningkatkan pos orbit, dan mendukung kedatangan dan keberangkatan pesawat ruang angkasa.(*)



ADSEN KIRI KANAN