Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kelompok Tani Nagari Sumpur Terima Bajak Gratis Dari Progul Pemkab Tanah Datar

Senin, 16 Mei 2022 | 08:04 WIB Last Updated 2022-05-16T01:04:41Z

 



Tanah Datar, fajarhaarapan.id - Bupati Tanah Datar Eka Putra menghadiri launching bajak gratis di nagari Sumpur kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (15/5) di hamparan sawah Baruah kelompok tani Sawah Bajarak Nagari Sumpur kecamatan Batipuh Selatan. 


Program unggulan bajak gratis yang ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani di Tanah Datar


Kata Bupati, ada juga petani yang tidak memiliki modal sehingga harus terjebak dengan rentenir atau sistem ijon untuk mengolah lahan mereka, dan dibayar dengan hasil panen yang harganya ditentukan oleh pemodal sehingga petani seringkali tidak bisa menikmati hasil panennya dan mengalami kerugian. 


"Untuk melaksanakan program ini pemerintah telah membentuk brigade alsintan disetiap kecamatan yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang berkompeten" ungkap Bupati.


"Hanya saja kami mengharapkan agar program unggulan bajak gratis ini dapat dilaksanakan dengan optimal, sehingga dapat memberikan bantuan layanan bajak sawah gratis bagi para petani, tentu harus yang sesuai aturan yang telah disusun," kata Eka Putra. 


Terkait dengan pelaksanaan layanan bajak gratis di nagari Sumpur menurut Bupati ini merupakan skala besar, sebab luas lahan yang diberikan layanan bajak gratis mencapai 57 hektar sawah. 



Manajer brigade alsintan kecamatan Batipuh Selatan M. Dodi dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk kecamatan Batipuh Selatan berdasarkan data DTKS dan Simluhtan ada sebanyak 1.761 orang yang bisa dilayani melalui program bajak gratis dengan target lahan seluas 188 hektare. 


"Jumlah ini terbagi di 4 (empat) nagari yang ada di kecamatan Batipuh Selatan, masing-masing di nagari Batu Taba berjumlah 357 orang, nagari Sumpur 317 orang, nagari Padang Laweh Malalo 293 orang dan di nagari Guguak Malalo sebanyak 704 orang," ujar M. Dodi. 


Sementara itu, Wali Nagari Sumpur Ade Hendrico Dt. Saripado nan Ketek mengatakan, ini kegiatan hari ini merupakan satu bukti, bahwa pemerintah sangat peduli dan memperhatikan nasib para petani melalui program unggulannya. Saya berharap program unggulan bajak gratis ini terus berlanjut, karena ini untuk kesejahteraan masyarakat petani kita," sampainya. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN