Notification

×

Adsense atas

Adsen


Bupati Suhatri Bur dan Wawako Mardison Mahyuddin ; Hadiri Peresmian Pengukuhan PPSKS di INS Kayu Tanam

Minggu, 08 Mei 2022 | 09:08 WIB Last Updated 2022-05-08T03:39:55Z

Bupati Suhatri Bur bersama Ketua Umum DPP PPSKS Damsuar dan Ketua Panpel Ali Syafar Rangkayo Rajo Luanso terlihat gembira ketika Bupati ikut badoncek dalam suasana peresmian PPSKS di Komplex INS Kayu Tanam, Sabtu 7 Mei 2022 (foto.Adek) 


Kayu Tanam - Bupati Suhatri Bur hadiri pengukuhan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPSKS Padang Pariaman periode 2021-2026, yang bertempat di Komplek INS Kayu Tanam, Sabtu (07/05/22). 


Dalam kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur mengucapkan terima kasih atas undangan pada pertemuan ini. Karena, dia berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan apak dan mandeh, sekaligus bersilaturahmi dengan bako beliau. 


Selain itu, Bupati juga mengucapkan selamat kepada pengurus DPP PPSKS maupun DPD PPSKS Padang Pariaman, yang dikukuhkan secara resmi pada hari ini. Ia juga meminta dukungan dari semua warga suku koto dalam pelaksanaan program pembangunan yang dilakukan.


"Kabupaten Padang Pariaman telah melakukan langkah-langkah sesuai regulasi. Hal itu tidak akan berhasil tanpa dukungan dari dunsanak yang di ranah dan dirantau. Terutama untuk mewujudkan visi Padang Pariaman menjadi kabupaten terdepan dari Kabupaten dan kota lainnya yang ada di provinsi Sumatera Barat" jelasnya. 


Menurut Suhatri Bur, penjabaran dari visi Padang Pariaman Berjaya, adalah unggul berkelanjutan dengan menjadikan daerah ini maju selangkah dibandingkan daerah lain, dalam segala hal yang dilaksanakan secara berkelanjutan. 


"Relegius adalah masyarakat Padang Pariaman yang menjunjung tinggi norma-norma agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sejahtera, terciptanya kondisi masyarakat Padang Pariaman yang mencapai taraf kehidupan yang layak, dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya. Dan berbudaya, suatu kehidupan masyarakat yang mempertahankan nilai-nilai adat dan budaya setempat, sebagai keharifan lokal dan warisan nenek moyang terdahulu" terang Bupati mengakhiri.


Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Ali Safar Rangkayo Rajo Luanso melaporkan secara ringkas biaya kegiatan ini hasil badoncek dari dunsanak yang di ranah dan di rantau, juga terimakasih atas partisipasi sumbangan materi maupun non materi dalam kegiatan ini. 


"Karena dengan kebersamaan, biaya akan menjadi ringan dan hasilnya tentu akan memperlancar kegiatan kita ini" kata Ali Safar Rangky Rajo Luanso bersemangat. 


Oleh sebab itu, dalam setiap kegiatan urang minang, baik itu alek atau pembangunan selalu diikuti dengan acara badoncek. Karena sudah membudaya bagi orang Minang sejak dahulu nya dan semangat gotong royong itu akan tercermin dalam kehidupan sehari-hari, tutupnya.


Dalam peresmian pengukuhan DPP PPSKS yang dipegang sebagai Ketua Umum Drs.H.Damsuar, MM,Dt.Bandaro Putiah dengan Sekretaris Jenderal Jufri Umar dan Bendahara Drs.Efrizal serta dilengkapi beberapa bidang. Sedangkan pengurus DPD PPSKS Padang Pariaman diketuai H. Syafrizal Arafah dengan Sekretaris Rafini Dt.Sati, H.Burhanuddin Koto, juga dilengkapi beberapa bidang. 


Dalam acara alek gadang suku koto yang dihadiri sekitar seribu orang itu, Bupati Suhatri Bur didampingi Kepala Dinas Dikbud Drs.H.Anwar ini, juga terlihat hadir Wakil Walikota Pariaman Drs. Mardison Mahyuddin. mantan Ketua DPRD Padang Pariaman Yulius Danil.


Disamping dihadiri sejumlah DPD PPSKS Kabupaten dan Kota se-Sumatera Barat, juga ada rombongan DPW PPSKS Sumatera Utara, Provinsi Riau bersama DPD Dumai, Siak, Bengkalis, Pelelawan, Kota Pekan Baru, DPW Jabodetabek, Lampung, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.


Sebelum penutup acara, juga dilakukan badoncek dengan diakhiri dengan makan bajamba bersama yang dibawa oleh para dunsanak koto (Adek).





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN