Notification

×

Adsense atas

Adsen


Viral Petugas Parkir Diduga Dipukul Pengunjung, Yuk Pahami Konsekuensinya Jika Tiket Parkir Hilang

Senin, 18 April 2022 | 10:36 WIB Last Updated 2022-04-18T03:36:28Z

 

Viral petugas parkir diduga dipukul pengunjung .



Viral - Video di media sosial yang bernarasikan dugaan pemukulan kepada petugas parkir di Jogja City Mall (JCM).


Video itu diunggah oleh akun Twitter @nengutets dilansir MNC Portal pada Senin (18/4/2022).


Dalam unggahan tersebut, disebutkan petugas parkir dan pengunjung mall yang memakai mobil terlihat adu mulut hingga berbuntut pemukulan,sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Gais, aku barusan dari JCM. Mobil depan aku platnya nggak keliatan, terus ternyata karcisnya ilang. Eh, dilalah dia nyolot sama Mbak yang jaga pos keluar. Sampe mukul-mukul pos," tulis pemilik akun.


"Akhirnya, beneran pukul-pukulan. Yang mukul duluan di Mas yang di dalem mobil itu. Sampe Ibunya minta tolong buat melerai anaknya sendiri. Mbaknya nangis kejer, ditenangin sama temennya, ada mas-mas pake helm bantuin Mbaknya — eh, digebuk juga sama Mas Emosyen," imbuhnya.


Tak hanya itu, disebutkan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pelat nomor mobil tidak sesuai.


"Jadiiii, Gais… Plat nomer yang dipake sama plat nomer aslinya (yang di STNK) tuh bedaaa… Mbaknya nggak mau buka palang karcis sampe Mas SPV (baju merah) dateng. Resiko, kan, yaahh… Karcis gak ada, plat nomer beda. Makanya Masnya buka bagasi itu buat nunjukin plat aslinya," tulisnya.


Lantas bagaimana peraturan parkir mobil di mal atau pusat perbelanjaan dan apa yang harus dilakukan ketika karcis atau tiket parkir mobil hilang?


Ketika memarkir kendaraan pada tempar parkir yang sudah disediakan secara khusus, Anda akan mendapat karcis atau tiket parkir untuk menandakan bahwa Anda memarkir kendaraan di tempat tersebut.


Tiket tersebut diberikan pada petugas parkir di pintu masuk atau dipindai (scan) jika menggunakan pembayaran elektronik pada palang pintu parkir otomatis.


Konsekuensi Apabila Tiket Parkir Hilang


Konsekuensinya, tentu saja menunjukkan STNK kendaraan yang sesuai dengan kendaraan yang diparkir, dan atau membayar denda dengan jumlah tertentu.

Operational Director PT CentrePark Citra Corpora Samsu Alam menjelaskan tentang peraturan parkir mobil di pusat perbelanjaan.


”Tiket karcis memiliki fungsi sebagai alat yang menandakan waktu atau durasi Anda memarkir kendaraan sehingga bisa digunakan untuk menghitung tarif parkir yang dikenakan,” ujarnya lewat situs resmi perusahaan pengelola parkir tersebut.


Samsu Alam mengatakan bahwa jika tidak bisa menunjukkan bukti tiket, maka petugas berhak mencurigai apakah benar Anda adalah pemilik kendaraan yang akan dibawa keluar.


Lalu, pihak pengelola parkir juga berhak mengenakan denda. Mengapa? Fungsi ketentuan denda untuk hilangnya tiket parkir adalah sebagai tindakan pengamanan agar tidak terjadi pencurian kendaraan di tempat parkir tersebut.


”Denda adalah tindakan preventif agar pemilik kendaraan menjaga baik-baik tiket parkirnya. Jika tidak bisa menunjukkan tiket, maka tunjukkan STNK dan juga identitas diri untuk meyakinkan petugas bahwa Anda memang pemilik dari kendaraan tersebut,” ungkapnya.(*)



adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN