Notification

×

Adsense atas

Adsen


TNI AL Buka Perekrutan Prajurit Besar-besaran dari Putra Daerah

Kamis, 07 April 2022 | 13:36 WIB Last Updated 2022-04-07T06:36:00Z

 

TNI AL akan mengadakan perekrutan prajurit secara besar-besaran. Tiga Satuan Pendidikan (Satdik) dibangun untuk menunjang rencana pemenuhan personel.

Jakarta - TNI AL akan mengadakan perekrutan prajurit secara besar-besaran. Hal tersebut diintruksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono kepada para Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) selaku ketua Panda Werving (Panitia Daerah Penerimaan Prajurit) dan para Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal).


Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) menyatakan TNI AL telah mendirikan 3 Satuan Pendidikan (Satdik) untuk menunjang rencana pemenuhan personel.


Masing-masing yakni Satdik - 1 untuk penerimaan di Wilayah Barat Indonesia, pelaksanaan Pantukhirpus di Lantamal - IV Tanjung Pinang; Satdik - 2 untuk penerimaan di Wilayah Tengah Indonesia, pelaksanaan Pantukhirpus di Lantamal - VI Makassar, dan Satdik - 3 untuk penerimaan di Wilayah Timur Indonesia yang pelaksanaan Pantukhirpus di Lantamal - XIV Sorong, sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


Personel hasil perekrutan di Satdik - 1, 2, 3 akan dikhususkan menjadi Bintara dan Tamtama, nantinya akan ditugaskan di Pos Angkatan Laut (Posal) dan pangkalan-pangkalan luar Jawa khususnya pulau terluar dan perbatasan.


"Peningkatan Satdik terus dilaksanakan dalam pemenuhan sarana dan prasarana dan alin (alat instruksi) atau alat penolong instruksi (alongin) di Satdik," dikutip dari keterangan tertulis Dispenal, Kamis (7/4).


Yudo juga memerintahkan para Danlantamal dan Danlanal untuk mengajukan calon siswa berdasarkan kebutuhan demi pemenuhan Posal-Posal di jajaran. Yudo meminta calon siswa harus berasal dari putra-putri asli daerah.


Selain itu, dijelaskan kebijakan baru Pimpinan TNI AL, bahwa Posal sebagai satuan terkecil TNI AL di wilayah yang memiliki fungsi operasi, intel maritim (intelmar) dan teritorial dalam pembinaan potensi maritim.


"Posal akan dipimpin oleh komandan berpangkat Kapten, dengan 3 Staf berpangkat Lettu/Letda dengan kualifikasi operasi, Intel, dan Potmar dan beranggotakan 20 - 25 personel," dikutip dari keterangan tertulis.(*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN