Notification

×

Adsense atas

Adsen


SAR TNI AL Selamatkan Yacht Asal Thailand Dari Hantaman Badai

Senin, 04 April 2022 | 16:06 WIB Last Updated 2022-04-04T09:06:50Z

.

Palembang, fajarharapan.id - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa dimanapun TNI AL berada  harus memberi manfaat kepada rakyat, serta cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat. Layaknya Tim SAR TNI Angkatan Laut Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang yang terdiri dari Babinpotmar (Bintara Pembina Potensi Maritim) Nipah Panjang berhasil menyelamatkan kapal jenis Yacht berbendera Thailand akibat dihantam badai di laut perairan Nipah Panjang. 


Kejadian berawal pada hari Minggu (03/04) pukul 09.57 WIB, Koordinator Wilayah  Binpotmar Nipah Panjang Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi mendapat laporan dari nelayan bahwa ada kapal asing yang terkena badai di laut dan berusaha berlindung dengan masuk ke alur perairan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Menindaklanjuti laporan tersebut,  Korwil Binpotmar Nipah Panjang segera melaporkan ke komando atas dan melakukan koordinasi dengan KSOP untuk melaksanakan pemanduan dan evakuasi terhadap kapal asing tersebut. Selanjutnya Babinpotmar Nipah Panjang bersama nelayan langsung menuju alur pelayaran Nipah Panjang untuk melakukan SAR  bekerja sama dengan KSOP berusaha untuk memandu kapal asing tersebut agar masuk alur pelayaran Nipah Panjang. 


Akhirnya pada pukul 11.05 WIB kapal asing tersebut berhasil tiba di alur pelayaran Nipah Panjang dan berlabuh jangkar di perairan Nipah Panjang sesuai yang ditentukan dan dilakukan pendataan terhadap personel asing yang onboard dan kapal yang ditumpanginya. Data yang didapatkan dari kejadian tersebut bahwa kapal Yacht dengan nama Sun Trek, , berbendera Thailand, GT 16,32, Pelabuhan asal Pattaya Thailand dengan tujuan pelayaran  pelabuhan akhir Australia. Yacht melakukan pelayaran wisata, berangkat dari Thailand  sejak tanggal 22 November 2021, dengan Rute Pattaya Thailand, Batam, Dabo Singkep, Jakarta, Semarang, Surabaya, Timor Leste, Papua dan tujuan akhir Australia.


Kapal Yacht tersebut berpenumpang dua orang yaitu atas nama Mr. Troy James Wild, Lahir 01 Desember 1980, WN Australia, sebagai Nahkoda dan Blake James Wild, Lahir 23 Juni 2005, WN Australia (anak dari Mr. Troy James Wild). Rencananya Yacht tersebut kembali melanjutkan pelayaran pada hari Senin (04/04) apabila cuaca sudah mendukung.


Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko dihubungi secara terpisah menyampaikan, terima kasih dan rasa bangga kepada Babinpotmar Nipah Panjang Peltu Mes Melfry dan Serma Mes Bambang Jumadi atas langkah yang diambil secara cepat dalam menangani kejadian tersebut, sehingga Yacht tersebut dapat terhindar dari hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi.  (Dispenal)



adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN