Notification

×

Adsense atas

Adsen

Lanal Banyuwangi Berhasil Evakuasi Kapal Nelayan yang Tenggelam

Sabtu, 30 April 2022 | 10:12 WIB Last Updated 2022-04-30T03:12:01Z

.

Banyuwangi, fajarharapan.id -- Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi (Kamis, 28/4) berhasil mengevakuasi perahu nelayan yang mengalami kecelakaan laut dan tenggelam di Pantai Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Jumat (29/4).


Kecelakaan laut yang menyebabkan tenggelamnya perahu yang diawaki Muhammadsyah (54 thn) dan Ananda Rian Firmandyah (14 thn) ini berawal dari laporan Ketua Nelayan Pantai Blimbingsari Suwanto yang melaporkan kepada anggota jaga Pos TNI AL (Posal) Blimbingsari Serma Marinir Wastono, bahwa telah ditemukan korban laka laut dipinggir pantai atas nama Muhammadsyah dan Ananda Rian Firmandyah yang ditemukan salah satu nelayan terdampar dipinggir pantai dalam keadaan selamat.

 

Menindaklanjuti informasi tersebut anggota Posal Blimbingsari melaporkan kejadian tersebut kepada Danposal Letda Laut (P) Triyono, selanjutnya diteruskan kepada Komandan Lanal (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori yang kemudian memerintahkan Lanal Banyuwangi untuk membantu mencari dan menyisir keberadaan perahu nelayan yang diinformasikan tenggelam disekitar perairan Selat Bali. 


Pencarian dihari pertama tidak membuahkan hasil. Namun dihari kedua Kamis (28/04/2022)  Pukul 05.00 WIB Serma Marinir Wastono mendapatkan informasi dari nelayan Bomo bahwa pada malam hari melihat perahu yang menarik benda seperti perahu terbalik ke arah muncar. Mendapatkan informasi tersebut Serma Marinir Wastono melakukan koordinasi dengan Anggota Posal Muncar Peltu Andi Karvianto dan Polairud Muncar, selanjutnya Serma Marinir Wastono dan Kopda Mus Farid Indrayanto beserta 10 nelayan Blimbingsari menuju titik lokasi dan langsung melaksanakan evakuasi dengan menarik perahu tersebut menuju Pantai Blimbingsari. 


Evakuasi perahu nelayan yang dilakukan prajurit TNI AL Banyuwangi bersama para nelayan lainnya merupakan tugas kemanusiaan sekaligus aksi cepat tanggap dalam membantu mengatasi kesulitan sesuai dengan instruksi  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun berada, senantiasa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. (Dispenal)


ADSEN KIRI KANAN