Notification

×

Adsense atas

Adsen

Tiga Desa Deklarasikan Kampung Pancasila Bersamaan

Kamis, 07 April 2022 | 23:32 WIB Last Updated 2022-04-08T00:14:31Z

.

Wonosobo, fajarharapan.id - Desa Ngalian Wadaslintang, Kelurahan Kaliwiro dan Desa Karangsambung Kalibawang secara bersama – sama mendeklarasikan sebagai kampung Pancasila.  Pelaksanaan deklarasi bertempat di Desa Ngalian oleh Camat Wadaslintang R Agus Setyotomo. Kamis (7/4/2022).

Danramil 12/Wadaslintang Lettu Cpl Tulus selaku ketua Penyelenggara menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut di tingkat Kabupaten yang merencanakan tiap kecamatan mempunyai kampung Pancasila. Tujuan dari berdirinya kampung tersebut adalah untuk mengenalkan kembali kepada generasi milenial memahami nilai – nilai Pancasila.  Yang saat ini disinyalir generasi milenial kurang memahami apa yang terkandung didalam Pancasila.

Camat Wadaslintang dalam pembukaannya menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas dicanangkannya Kampung Pancasila. Pencanangan Kampung Pancasila ini menjadi upaya yang positif, dalam rangka pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Semboyan bangsa “Bhinneka Tunggal Ika” yang tidak dapat dipisahkan dari Pancasila, hendaknya membuat kita semua menyadari dan menerima takdir keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, dengan menanamkan dalam diri untuk senantiasa berupaya menjaga persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan bangsa,” Kata Camat Wadaslintang.

Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Saudara, atas komitmen yang telah dideklarasikan, untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta menginternalisasi dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari.

Saya mengajak seluruh yang hadir di sini untuk senantiasa menjaga harmoni kehidupan, serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi, persatuan, dan kesatuan yang akan membentengi kita dari potensi perpecahan.

Sekali lagi saya tekankan, bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa, yang wajib dijiwai, dipertahankan, dan dilaksanakan dalam setiap aspek kehidupan kita.

" Saya berpesan, Sekolah Pancasila wajib dimanfaatkan secara optimal, untuk membentuk jiwa-jiwa dan kepribadian Pancasilais dalam diri anak-cucu kita, sebagai pemegang tonggak kepemimpinan dimasa depan," pungkas R Agus S.

(Pendim0707)


ADSEN KIRI KANAN