Notification

×

Adsense atas

Adsen


Jelang Sahur Kota Bukittinggi Diguncang Gempa 4,5 M

Senin, 04 April 2022 | 09:24 WIB Last Updated 2022-04-04T02:24:28Z

ilustrasi


Bukittinggi - Warga Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya dikejutkan gempa dengan kekuatan 4,5 M jelang sahur, Senin (4/4/2022) atau sekira pukul 01.14 WIB.


Gempa darat ini dirasakan cukup kuat di Bukittiggi, Agam, Payakumbuh dan sekitarnya, sehingga mengagetkan warga yang umumnya sedang istirahat menjelang waktu sahur.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam aplikasi infogempa merilis, gempa ini terjadi pada koordinat 00.20 Lintang Selatan dan 100.34 Bujur Timur. Pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer dan berjarak sekitar 12 kilometer arah barat laut dari Bukittinggi.


Dalam peta terlihat, pusat gempa diperkirakan terjadi di wilayah Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam yang berada di arah utara Kota Bukittinggi. Wilayah ini berbatas di arah utara dengan Kabupaten Pasaman.


BMKG merilis, gempa ini dirasakan III sampai IV MMI (Modified Mercalli Intensity) di Bukittinggi, Agam dan Payakumbuh. Sementara, di Padang Panjang dirasakan sekitar III MMI. Sedangkan di Pasaman, Solok dan Pariaman sekitar II MMI.


Sejumlah warga dari wilayah-wilayah tersebut yang berkomentar di fanpage facebook resmi BMKG Padang Panjang menyebutkan gempa terasa cukup kuat.

 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut. Sebelumnya, gempa bermagnitudo 4,4 menguncang Rao, Kabupaten Pasaman pada Minggu (3/4/2022) pukul 20.30 WIB malam. (*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN