Notification

×

Adsense atas

Adsen


Pencaker Kota Pariaman Diseleksi unuk Dikirim ke BBPLK Semarang

Jumat, 08 April 2022 | 10:01 WIB Last Updated 2022-04-08T10:15:39Z

Suasana seleksi pencari kerja mengikuti Test yang akan mengikuti program pelatihan pada BBPLK Semarang, di DPMPTSP Kota Pariaman, Kamis 7 April 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman - Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pencari Kerja (Pencaker) asal Kota Pariaman, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) mengadakan seleksi untuk dikirim ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Provinsi Jawa Tengah.


“Hari ini, kembali kita mengadakan seleksi untuk Pencaker yang akan dikirim ke BBPLK Semarang. Sejak Tahun 2019 lalu, kita selalu mengirimkan Pencaker asal Kota Pariaman kesana setiap tahunya. Mereka dididik dan dilatih sesuai dengan jurusan yang diminati disana,” ujar Kabid Naker DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman Devi Hastuti, ketika dihubungi TMC Kominfo Kota Pariaman, Kamis (07/04/22).


Ia mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi peserta pelatihan, sedangkan untuk tingkat keberhasilan selama pelatihan nanti, sangat tergantung kepada peserta itu sendiri. 


Dalam proses tes atau seleksi ini, sebut Devi Hastuti, diikuti sebanyak 12 orang. Setelah diseleksi, hanya akan menyisakan 6 orang saja, teruntuk 3 jurusan yang disediakan BBPLK Semarang.


“Slot untuk Kota Pariaman yang dijatah di BBPLK Semarang hanya 6 orang, dengan 3 Jururan yang tersedia. Yaitu English For Frint Liner, Asisten Junior Desainer dan Fashion Drawing Blended, mereka akan diberangkatkan 18 Mei 2022 mendatang nantinya. Dan di Sumbar hanya Kota Pariaman yang mendapatkan slot pelatihan di BBPLK Semarang ini,” jelasnya.


Devi juga menuturkan, setelah dinyatakan lulus, 6 Pencaker asal Kota Pariaman ini, akan mengikuti pelatihan selama 280 Jam, atau selama 40 hari di BBPLK Semarang nantinya. 


Dan semua biaya yang ditimbulkan, seluruhnya ditanggung pihak BBPLK Semarang. Jadi semua Pencaker yang berangkat ke Semarang nanti Gratis, mulai dari transportasi dan akomodasi, serta makan dan minum selama kegiatan, ulasnya.


“Kepada peserta yang lolos nantinya, untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius. Sehingga ilmu dan keterampilan yang diperoleh itu, bisa dimanfaatkan. Artinya, usai mengikuti pelatihan nanti, mereka agar bisa mengangkat perekonomian keluarganya,” terang Devi.


Ia menyebutkan, Bidang Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman, juga akan mengadakan beberapa pelatihan untuk para pencaker lainnya. Untuk Tahun 2022 ini, ada 3 jenis pelatihan, yaitu pelatihan Barista, pelatihan Desain Grafis, dan pelatihan Digital Marketing, yang masing-masingnya akan digelar selama 10 hari nantinya. (mcp-045).




adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN