Notification

×

Adsense atas

Adsen


Pengunjung Padati Pasar Pabukoan Pariaman dan Balai Kuraitaji

Jumat, 08 April 2022 | 10:14 WIB Last Updated 2022-04-08T10:13:41Z

Pasar Pabukoan Pariaman dan Balai Kuraitaji, terlihat suasana dipadati pengunjung, Kamis sore, 7 April 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman - Hampir sepekan sudah pelaksanaan ibadah puasa ramadhan 1443 H  tahun 2022 dijalankan oleh umat islam, tak terkecuali juga di Kota Pariaman yang mayoritas  masyarakatnya beragama muslim.


Tentunya, yang dicari oleh masyarakat yang utama dalam bulan puasa untuk menu buka puasa yakni menu takjil (pabukoan). Terutama bagi para pegawai pemerintah dan BUMD yang tak sempat memasak makanan persediaan untuk buka puasa.


Di Kota Pariaman sendiri, terdapat dua pusat menu pabukoan dengan mudah di akses.  Itupun sudah berlangsung lama, yakni Pasar Pabukoan Pariaman dan Pasar Pabukoan, Balai Kuraitaji.


Ani, salah seorang PNS di Kota Pariaman, mengaku terbantu untuk memperoleh menu buka puasa dengan adanya Pasar Takjil (Pasa Pabukoan) ini, Kamis (07/04/22) sore.


“ Meskipun jadwal kerja selama bulan puasa berlangsung dari pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 15.00 WIB sore. Terkadang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan lewat waktu batas jam kerja, maka alternatif saya ialah langsung menuju Pasa Pabukoan ini untuk menu buka puasa keluarga,” terangnya.


Ia mengaku terkadang juga kejar-kejaran dengan waktu membeli menu buka puasa tersebut di dua pasa pabukoan yang ada di Kota Pariaman itu.


Sementara itu, Irma yang akrab disapa Buk Ndut, salah seorang penjual pabukoan di kawasan Balai Kuraitaji, setiap harinya selama ramadhan ini, ia berjualan menu makanan di Pasa Pabukoan Balai Kuraitaji ini.


“Alhamdulillah, setiap harinya dagangan saya selalu habis, adapun menu yang kita sediakan yakni gulai usus, gulai ikan, gulai ayam dan lainya. Rata-rata pembeli merupakan pegawai dan masyarakat yang tidak sempat menyiapkan menu buka puasa,” ujarnya.


Di tempat terpisah, Walikota Pariaman Genius Umar, mengimbau bagi masyarakat yang ingin membeli menu buka puasa. Disilahkan, datang pada kedua lokasi pasa pabukoan yang ada di Kota Pariaman. Keberadaan pasa pabukoan ini, telah berlangsung lama sejak pasar tersebut ada.


Kepada para penjual menu buka puasa di Kota Pariaman, Wako Genius Umar mengimbau agar tetap memperhatikan jenis-jenis makanan dan minuman yang dijual. Juga harus dikemas secara sehat dan higienis.


Setiap harinya, Pemko Pariaman bersama jajaran Polres Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman, juga siapkan petugas pengamanan dan pengatur lalu lintas di dua lokasi pasar pabukoan tersebut.


“Disamping makanan itu sehat, berdaya manfaat untuk para penikmatnya, juga berkah untuk para penjualnya,” kata Walikota Genius Umar singkat.(mcp-045)




adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN