Notification

×

Adsense atas

Adsen

Wako Genius Umar ; Usulkan Revitalisasi Terminal Tipe A Jati dan Pembangunan Dermaga ke Mentawai

Kamis, 03 Maret 2022 | 22:13 WIB Last Updated 2022-03-03T15:13:37Z

Walikota Pariaman Genius Umar ketika bertemu dengan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi di Jakarta, Rabu 2 Maret 2022 (foto.dok.mcp)


Kota Pariaman, fajarharapan.id.

- Walikota Pariaman Genius Umar mengusulkan revitalisasi 2 (dua) kawasan sektoral lalu lintas ke Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta. Yakni revitalisasi kawasan Terminal Tipe A Jati Pariaman dan Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan dari Kota Pariaman ke Mentawai dengan lokasi penempatan di Desa Pasir Sunur.


Hal itu disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar langsung kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, di Jakarta, Rabu pagi (02/03/22), ia didampingi Asisten II Pemko Pariaman Elfis Candra dan Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi.


Kata dia, jika terminal Jati ini di revitalisasi dan pelabuhan penyeberangan dibangun, maka akan menjadi pendongkrak ekonomi Pariaman. Hal itu, dengan kposisi Kota Pariaman berada pada jalur pelintasan antar Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.


Sehingga, sebut Wako Genius, dengan pertimbangan pengembangan kawasan ini sebagai kegiatan ekonomi dan produksi nantinya. 


"Melalui Pemko Pariaman, kita akan upayakan pembangunan dan penataan kembali kawasan terminal jati ini. Artinya, menghidupkan kembali aktivitas masyarakat, jasa industri dan pariwisata. Juga akan berdampak ekonomi bagi masyarakat kita nantinya.


Permintaan Wako Genius Umar ini, sangat di apresiasi dan diterima langsung Dirjen Perhubungan Darat tersebut. Hal demikian, merupakan bagian tugas penting pemerintah pusat melalui daerah dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi ini.


Dirjen Perhubungan Darat Budi menyatakan kesiapannya untuk pembangunan revitalisasi terminal Tipe A Jati Pariaman di tahun 2023 mendatang, serta Pembangunan pelabuhan penyeberangan Pariaman-Mentawai yang luasnya 1 Ha yang akan menelan anggaran Rp. 200 Milyar itu.


“ Tentunya nanti kita laporkan terlebih dahulu ke Pak Menteri Perhubungan RI, dan siap untuk kita lakukan survey lokasi, guna kelengkapan persiapan pembangunan,” ujar Budi mengakhiri pembicaraannya kepada Wako Genius Umar.(mcp-045).





ADSEN KIRI KANAN