Notification

×

Adsense atas

Adsen


Ukraina Bentuk Legiun Internasional, Relawan Bisa Jadi Warga Negara

Rabu, 09 Maret 2022 | 13:56 WIB Last Updated 2022-03-09T06:56:26Z

 

Warga Kyiv memasang barikade anti-tank di Kyiv.


Jakarta - Wakil Menteri Dalam Negeri Ukraina, Yevhen Yenin, mengatakan Ukraina telah membentuk legiun internasional dari relawan asing, Selasa (8/3). Kombatan asing yang bertarung melawan Rusia juga diizinkan untuk mendaftarkan diri menjadi warga negara Ukraina.


"Ukraina membentuk Legiun Internasional Pertahanan Wilayah yang beranggotakan warga asing yang ingin bergabung melawan agresor Rusia dan mempertahankan keamanan global," kata Yenin dalam media pemerintah Ukraina, Ukrinform, dikutip dari CNN.


"Orang-orang ini akan menandatangani kontrak, mendapatkan paspor militer, yang akan mengubah izin tinggal mereka. Di masa depan, jika di antara masyarakat asing ini ada yang ingin tinggal di Ukraina, legislasi kami memberikan jalur untuk itu," tuturnya lagi.


Tak hanya itu, Yenin mengklaim orang yang mendaftar ke unit tersebut juga semakin meningkat.


Sebelumnya, pemerintah Ukraina membuka situs perekrutan warga asing yang ingin bergabung melawan invasi Rusia.


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, juga mengklaim ada 16 ribu warga asing yang bergerak ke negaranya untuk memerangi Rusia.


Meski demikian, CNN belum bisa mengonfirmasi jumlah tersebut.


Tak hanya itu, Kedutaan Besar Ukraina di berbagai negara juga membantu proses perekrutan pasukan ini.


Sejak pasukan Rusia menginvasi Ukraina, pemerintah negara itu melarang pria untuk mengungsi. Sejumlah warga Ukraina juga telah dilatih untuk membantu militer negaranya bertahan dari serangan Rusia.(*)



adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN