Notification

×

Adsense atas

Adsen


TNI AL Akan Kembangkan Rumah Komodor Yos Sudarso Sebagai Wisata Edukasi

Rabu, 30 Maret 2022 | 17:57 WIB Last Updated 2022-03-30T10:57:16Z

.


Jakarta, fajarharapan.id - TNI Angkatan Laut (TNI AL) akan mengembangkan Rumah Komodor Yos Sudarso dan Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS) menjadi lebih baik lagi sehingga bisa menjadi wisata edukasi bagi generasi muda dan menumbuhkan jiwa patriotisme serta semangat nasionalisme bagi generasi mendatang.


Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat mengunjungi rumah kediaman Pahlawan Nasional Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso) dan TWSS yang terletak di Nogosaren, Bugel, Salatiga, belum lama ini. 


Rumah yang terletak di Gladagan RT 01/RW 05, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Salatiga tersebut sudah tampak diperbaiki sedikit demi sedikit sejak bulan Januari bertepatan dengan hari Dharma Samudera 15 Januari 2022 yang lalu, guna mengenang jasa-jasa almarhum Komodor Yos Soedarso yang gugur di laut Aru, perairan Maluku melawan kapal perang Belanda. 


Pada kesempatan tersebut Wakasal mengatakan akan mengembangkan rumah Komodor Yos Sudarso dan TWSS menjadi lebih baik lagi. “Insya Allah nanti akan kita tambah lagi beberapa eks Alutsista seperti tank TNI AL, pesawat bekas yang sudah tidak terpakai, Howitser atau meriam tarik dan beberapa alat yang sudah tidak terpakai untuk di taruh di tempat ini, yang merupakan aset milik TNI AL yang dikelola oleh Pemkot Salatiga,” kata Wakasal.


“Semoga di tempat ini bisa menjadi wisata edukasi bagi generasi muda dan menumbuhkan jiwa patriotisme serta semangat nasionalisme bagi generasi mendatang dan kedepan TWSS akan menjadi ikonnya masyarakat kota Salatiga dan meningkatan PAD serta menumbuhkan perekonomian di Salatiga,” harapnya.


Sementara itu Ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit mendukung penuh akan dikembangkannya museum Yos Soedarso dan TWSS. "Tapi semuanya ini tentunya bertahap, segera kita akan buat masterplannya kira-kira seperti apa, termasuk daya dukung lingkungan masyarakat sekitar,” ucapnya.


Turut mendampingi Wakasal Ny. Wiek Ahmadi Heri Purwono, LO AL Kodam IV/Diponegoro Kolonel (Mar) Hariyono Masturi M Tr. Hanla,M.M beserta Ny. Heny Hariyono, Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, Kepala Dinas Pariwisata Kota Salatiga Drs.Valentino Haribowo,beberapa pejabat Pemkot Salatiga, Korem 073/Makutarama dan Kodim 0714/Salatiga. (Dispenal)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN