Notification

×

Adsense atas

Adsen


Timnas Italia Resmi Lolos ke Piala Dunia 2022 karena Iran Terancam Didiskualifikasi FIFA?

Kamis, 31 Maret 2022 | 10:11 WIB Last Updated 2022-03-31T06:11:54Z

 

Timnas Italia masih bisa lolos ke Piala Dunia 2022.



TIMNAS Italia resmi lolos ke Piala Dunia 2022 karena Iran terancam didiskualifikasi Federasi Sepakbola Dunia (FIFA)? Kabar itu disampaikan media asal Italia, Sportmediaset, Okezone mengutip dari Football Italia.


Dalam analisis Sportmediaset, Iran bisa dicoret dari Piala Dunia 2022 karena melakukan pelanggaran. Pada Selasa 29 Maret 2022, Iran menjamu Lebanon di matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.


Laga tersebut digelar di Imam Reza Stadium, Mashad, Iran. Total ada 22.453 suporter yang hadir di stadion. Namun, Federasi Sepakbola Iran tidak membiarkan 2.000 wanita yang datang ke area stadion untuk memasuki area tribun, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Padahal, sebanyak 2.000 wanita tersebut sudah memegang tiket laga yang akhirnya dimenangkan Iran dengan skor 2-0 tersebut. Sejatinya ini bukan yang pertama Federasi Sepakbola Iran melakukan hal serupa.


Sebelumnya pada 2019 mereka juga melakukan hal yang sama. Karena pelanggaran yang berulang, FIFA kabarnya segera menjatuhkan sanksi.


Bahkan anggota PSSI-nya Iran, Mehrdad Seradschi, khawatir tim nasionalnya mendapat hukuman dari FIFA. “Berita yang mengkhawatirkan dari FIFA dan AFC,” tulis Mehrdad Seradschi.


Lantas, kenapa Italia yang ditunjuk jika Iran terkena hukuman? Kenapa FIFA bukan mengganti Iran dengan anggota AFC lain? Ternyata Italia dipilih karena di antara tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022, Italia memiliki ranking FIFA paling tinggi.


“Secara teori FIFA dapat mempromosikan negara dengan peringkat FIFA tertinggi. Hal itu berarti, jatah bakal diberikan kepada juara Eropa, Italia, yang baru saja kalah dari Makedonia Utara di babak playoff,” lanjut laporan tersebut.


Tentunya hal yang mengejutkan jika keputusan di atas diambil. Sebab, Iran telah berjuang keras hingga finis teratas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk lolos ke ajang yang digelar di Qatar pada 21 Desember hingga 18 November 2022 tersebut.(*)



adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN